Yuk! Pahami Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan website, merupakan salah satu sumber daya internet yang berkembang pesat. Informasi website disebarluaskan melalui hypertext (suatu cara untuk menghubungkan berbagai dokumen di internet), yang dapat memungkinkan suatu teks pendek menjadi acuan untuk membuka dokumen yang lainnya. Pada awalnya website hanya digunakan untuk blog, portal informasi, blog, online store, dan forum. Namun seiring berkembangnya teknologi serta penggunaan media online untuk berbagai kebutuhan, jenis website pun ikut berkembang dan tidak sedikit website yang mengintegrasikan berbagai fitur, fungsi dan jenisnya dalam satu kesatuan website. Untuk memudahkan Anda menentukan website apa yang butuhkan, Simak penjelasan setiap jenis website berikut.

  • Search Engine atau Mesin Pencarian

Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet.

  • Web Portal

Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya. Namun pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, namun terkadang juga menampilkan informasi-informasi dalam website itu sendiri.

  • Archieve Site

Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website yang Anda tuju tidak hilang.

  • Social Media

Social media adalah jenis website yang banyak digandrungi masyarakat. Situs social networking atau situs pertemanan online adalah situs yang disediakan bagi para membernya untuk bertukar informasi dan media elektronik lainnya seperti foto, musik dan video.

  • Forum

Forum termasuk salah satu jenis website yang pernah menjamur di Indonesia. Forum dibuat untuk ajang diskusi dan tukar informasi. Ada yang spesifik ada juga yang bersifat umum, dan dalam forum ini terdapat sub-sub forum berdasarkan kategori-kategori tertentu yang ditetapkan oleh admin.

  • Portal Berita dan Informasi

 Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya.

  • Social Bookmarking

Social bookmarking adalah situs yang mengizinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya.

  • Media Sharing

Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload media-media elektroknik seperti gambar, musik dan video agar dapat dilihat atau di download oleh pengunjung lain.

  • Cloud

Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing dimana situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file bagi anggotanya dengan fitur canggih sinkronisasi file, dimana pengguna dapat melakukan sinkronisasi otomatis file-file tertentu di komputer atau gadgetnya masing-masing dengan cloud server tanpa perlu melakukan upload file manual.

  • Company Profile

Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portofolio sebuah perusahaan. Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan meskipun juga dapat menjadi alat promosi jika dikelola dengan benar. Selain profil, produk dan portfolio berupa konten teks dan foto atau video, fitur form kontak termasuk hal yang penting dalam website ini agar pengunjung dapat dengan mudah menghubungi perusahaan pemilik website jika mereka memerlukan produk atau jasa perusahaan tersebut.

  • Corporate Website

Berbeda dengan company profile, Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal. Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit. Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain serta artikel-artikel dan beritaberita yang terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut.

  • Brand Building Website (Branding Website)

Brand Building Website dibuat untuk memperkenalkan serta membangun image sebuah brand. Hal yang paling menonjol dari website seperti ini adalah konsep untuk menyampaikan pesan sesuai dengan image yang akan dibangun. Fiturnya sangat beragam dan biasanya cukup kompleks seperti animasi, game, video dan fitur-fitur interaktif lainnya.

  • Online Store

Online store atau toko online diperuntukan untuk menjual barang secara online. Fitur-fitur utama online store adalah katalog produk dengan informasi yang lengkap serta shopping cart, yaitu fitur untuk pengunjung untuk melakukan pemesanan produk secara online. Online store ini bisa bermacam-macam bentuk dan konsepnya.

  • Katalog

Katalog/portfolio online hampir mirip dengan online store, hanya jenis website ini lebih mengutamakan katalog atau portofolio dengan informasi lengkap bagi pengunjung tanpa ada fitur transaksi online. Jika pengunjung tertarik dengan produk-produk atau jasa yang ditawarkan, diharapkan pengunjung akan langsung menghubungi pemilik website untuk melakukan pemesanan atau negosiasi.

  • Blog

Blog adalah sebuah website yang berbentuk seperti jurnal online. Biasa digunakan seorang blogger untuk mengeskpresikan pemikiran dan opini-opininya. Bisa juga artikel-artikel seputar kegiatan blogger ataupun tulisan maupun media gambar, video dan lainnya.

  • Portal Komersil

Portal komersil lahir dari konsep iklan baris, dimana melalui portal ini member dapat menjual produk dan jasa mereka tanpa perlu membangun website sendiri.

Dari penjelasan tersebut, tentunya Anda sudah bisa menentukan jenis website yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Setelah menentukan jenisnya, tentunya Anda membutuhkan sebuah website untuk memulai kegiatan yang akan dilakukan.

Bagi Anda yang masih mengalami kesulitan dalam pembuatan website, tak perlu khawatir karena Nemolab hadir dengan layanan pembuatan website dengan tampilan yang menarik, mudah diedit dan digunakan. Silahkan kunjungi website www.nemolab.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website