Yuk! Lebih Mengenal Soal Hosting

Apa itu hosting ? apakah kalian sudah tahu apa itu hosting? Yuk mari simak penjelasan berikut. Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, dan gambar pada website. Pelayanan ini pula yang memastikan sebuah website dapat diakses dalam via internet.  

Pengertian dari hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui situs internet. File website yang disimpan di dalam hosting tersebut berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database. Pastinya untuk mengenal lebih dalam tentang hosting, kalian harus mempelajari terlebih dahulu tentang website, kalian bisa membaca melewati artikel yang ada di internet atau kalian juga bisa baca artikel di website nemolab tentang website.

Yuk kembali ke dalam pembahasan mengenai hosting…..

Saat kalian menggunakan internet untuk mengunjungi sebuah website, yang harus anda lakukan pertama kali pada browser yaitu mengetikan nama domain atau kata kunci tertentu di dalam kolom pencarian di Google, lalu divice anda akan terhubung ke server dan halaman website yang akan dikirimkan dan ditampilkan melalui browser, contohnya seperti halaman yang kalian baca ini. Oleh karena itu jika kalian ingin menggunakan dan mengelola website hal utama yang harus dibeli adalah domain dan hosting.

Membedakan Hosting dengan Domain.

Untuk membedakan dan memperjelas mengenai hosting dan domain kami akan memberikan gambaran sedikit mengenai dua hal tersebut.

  • Hosting

Hosting bisa diibaratkan sebagai sebagai sebuah bangunan yang disewakan dalam ukuran tertentu dan setiap bangunan tersebut memiliki ukuran yang berbeda antara bangunan A dan bangunan B. Sama dengan Hosting setiap layanan akan menyediakan space atau tempat penyimpanan yang berbeda.

  • Domain

Seperti penjelasan artikel yang sebelumnya, domain merupakan nama website, sebuah alamat yang dapat diakses oleh pengguna melalui internet. Nama dari sebuah domain tersebut berguna untuk menemukan komputer di internet. Setiap komputer memiliki nomor dan alamat yang berbeda disebut dengan alamat IP.

Shared Hosting

Share hosting merupakan jenis hosting yang dapat anda temukan hampir di semua layanan hosting saat ini. Shared hosting dapat digunakan oleh banyak pengguna secara bersmaan dalam satu server. Harga yang ditawarkan untuk paket shared hosting terbilang cukup murah.  Tapi dikarena kan menggunanya juga cukup banyak maka batasan mengenai resource yang tersedia baik itu besar jumblah penyimpanan yang disediakan.

  • Kelebihan dari shared hosting
  • Harganya yang terjangkau
  • Tersedia untuk berbagai jenis paket sehingga jika website anda sudah melebihi limit yang ditetapkan maka harus melakukan upgarade paket yang lebih tinggi.
  • Tidak perlu repot-repot untuk manitenance pada server karena sudah di handle dalam layanan hosting.

Karena shared hosting ini sangat cocok untuk anda yang memiliki website dengan dana yang terbatas. Anda juga tidak perlu khawatir jika website anda sudah mencapai limit yang ditetapkan oleh layanan hosting yang digunakan, karena ada dapat melakukan upgarde ke paket hosting yang lebih tinggi.

  • Kekurangan dari shared hosting

Waktu loading website yang lebih lambat jika dibandingkan dengan dedicated hosting.

Bagi kamu para pengguna internet tidak perlu khawatir menghadapi segala permasalahan dunia digital lebih khususnya tentang hosting. Nemolab hadir sebagai mitra yang siap menangani permasalahan tersebut. Memberikan jasa pelayanan pembuatan mobile, pembuatan aplikasi web, pembuatan website beserta hosting di dalamnya dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.nemolab.id atau kontak kami melalui nomor whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website