Yuk! Kenali Apa Itu Hardware dan Software

Buat kalian yang mengenal komputer pasti tidak asing dengan istilah hardware dan software, yang tidak pernah lepas dari dunia komputer. Karena keduanya merupakan satu kesatuan dari perangkat komputer tersebut, bahwasannya sudah kita ketahui software dan hardware merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jika di dalam komputer itu sendiri tidak terdapat kedua komponen tersebut maka komputer ataupun laptop tidak dapat berfungsi secara semestinya.

Kalian semua pasti bertanya-tanya apa itu hardware dan software? Lalu apa saja fungsinya? Yuk! mari simak penjelasan berikut. Hardware merupakan komponen perangkat keras, yang terdapat pada suatu perangkat komputer. Fungsi dari hardware yaitu guna untuk menjadi media pengolahan data yang diinput oleh operator. Lalu langkah selanjutnya data tersebuiut akan diproses menjadi data output berupa informasi. Hardware itu sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu masukan (input), pemerosesan (process), serta keluaran(output). Ada beberapa jenis dari hardware atau perangkat keras, diantaranya:

  • Input Hardware: perangkat keras yang digunakan untuk memasukan data ke dalam komputer. Seperti: keyboard, scanner, mouse, web cam dan lain-lain
  • Prosess Hardware: perangkat keras yang fungsinya untuk mengelola data sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh operator, melalui input Hardware. Seperti: CPU (Central Processing Unit)
  • Output Hardware: memiliki fungsi sebagai perangkat yang menampilkan data hasil dari olahan process hardware. Seperti : monitor,printer, dan speaker

Kali ini adalah Software yaitu perangkat lunak dimana digunakan untuk data yang telah diformat dan disimpan dalam bentuk digital. Berbagai aplikasi yang sudah terinstal dalam perangkat komputer disebut dengan kategori software. Termasuk berbagai operasi yang ada di dalam komputer tersbut. Fungsinya sendiri untuk pelengkap dari perangkat keras yang ada pada komputer. Sama seperti hardware, software juga dapat dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  • System Software: software yang dirancang duna untuk mengembangkan dan mengendalikan hardware, seperti sistem operasu dan driver perangkat.
  • Aplication Software: peranglat lunak yang digunakan untuk mengelola data pada komputer,seperti : Ms.Office, Adobe Photoshop, Corel Draw dan lain-lain.
  • Malware : perangkat lunak yang dibuat untuk merusak sistem di dalam komputer. Malware juga digunakan untuk pencurian dara, contoh dari malware ini sendiri adalah virus dan juga Trojan.

Bagi kamu para pengguna internet tidak perlu khawatir menghadapi segala permasalahan dunia digital. Nemolab hadir sebagai mitra yang siap menangani permasalahan tersebut. Memberikan jasa pelayanan pembuatan mobile, pembuatan aplikasi web, pembuatan website, pembutan software dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.nemolab.id atau kontak kami melalui nomor whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website