Yuk Jadi Youtuber: memulai karir sebagai youtuber [book review]

Yuk Jadi Youtuber: memulai karir sebagai youtuber [book review]

Di kalangan millenial, banyak yang menganggap popularitas Youtube telah mengungguli media hiburan konvensional lain seperti televisi. Bahkan status "Youtuber" kini makin diminati banyak orang. Tapi seperti apa caranya menjadi seorang Youtuber? Bagaimana Youtuber mencari dan mengolah isu yang sedang hangat hingga menjadi konten yang viral? Pertanyaan itu akan dijawab di buku berjudul Yuk Jadi Youtuber karya Jefferly Helianthusonfri yang terbit tahun 2018 ini.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk memulai pengalaman menjadi youtuber. Pertama: menentukan ide. Dari hobi hingga pengalaman, semua itu bisa membuahkan ide brilian. Masih memerlukan referensi? Dalam buku ini juga disebutkan beberapa tools untuk memudahkan pencarian ide: socialblade.com, statfire.com, Google Keyword Planner, dan situs Quora.

Kedua: buat kanal Youtube. Kalau sudah memiliki akun Google, yang perlu dilakukan hanyalah membuat channel dan memberinya nama. Akan lebih menarik lagi kalau ditambahkan foto profil dan channel art (gambar di bagian atas kanal). Setelah itu, lakukan verifikasi kanal. Terlepas itu semua, jangan lupa untuk selalu mematuhi pedoman komunitas Youtube dalam setiap unggahan maupun komentar yang kita kirimkan.

Pedoman komunitas Youtube

Setelah itu, kita masuk ke proses pembuatan video. Kita bisa membuat video screencast atau video rekaman yang menampilkan sang youtubernya sendiri. Biasanya video screencast adalah video tutorial yang berhubungan dengan komputer. Sedangkan untuk video rekaman seperti pada umumnya, ada tips dan tutorial bagaimana cara mendapatkan video yang bagus.

Setelah video siap, langkah selanjutnya adalah: unggah! Untuk memaksimalkan jumlah penonton, optimasi video perlu dilakukan. Caranya dengan menaruh kata kunci yang relevan baik di judul, deskripsi, maupun tag. Tautan Youtube yang ada juga bisa dibagikan ke media sosial sebagai bentuk promosi.

Terakhir yang juga tak kalah penting adalah mengembangkan kanal. Seperti optimasi kanal, meningkatkan jumlah penonton, dan menambah jumlah pelanggan (subscriber). Bisa dengan video trailer, mengatur kata kunci kanal, dan memanfaatkan fitur playlist.

Jadi, kapan channel Youtube kalian akan dimulai?

Sedikit Cerita lainnya