WiFi 6, WiFi masa kini!

Keseharian kita tidak terlepas dari perangkat-perangkat elektronik, khususnya smartphone dan komputer. Namun kedua benda tersebut tidak akan bisa dimanfaatkan dengan maksimal tanpa adanya koneksi internet. Internet bisa kita dapatkan melalui kartu sim pada smartphone dan juga melalui provider internet WiFi.

Tapi apakah anda tahu sudah sampai mana perkembangan WiFi saat ini?

Teknologi WiFi diperkenalkan pertama kali pada tahun 1998, namun istilah WiFi digunakan secara komersial pada tahun 1999. Perkembangan WiFi sangat lah jauh sebelum itu,  cikal bakal teknologi WiFi dimulai dari tahun 1991 oleh perusahaan telekomunikasi asal Amerika yaitu AT&T. Sejak saat itu WiFi berkembang dari masa ke masa hingga sekarang, dengan teknologi yang lebih mutakhir dari masa ke masanya.

Sampai yang paling baru sekarang adalah WiFi 6 atau WiFi AX. Secara singkatnya WiFi ini adalah WiFi generasi yang ke-6 dari perkembangan WiFi dari masa ke masanya. 

Namun apa yang membuat WiFi ini sangat cocok untuk masa sekarang?

Dimasa sekarang seiring dengan berkembang pesatnya teknologi informasi, tentu saja kita membutuhkan sebuah koneksi yang lebih cepat lagi untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi yang cepat itu. Dibutuhkan sebuah koneksi yang berkecepatan tinggi untuk menunjangnya. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang hampir semua kegiatan dilakukan secara online, tentu saja internet menjadi mendianya.

Untuk menunjang semua kebutuhan tersebut, pada saat ini WiFi sudah memasuki generasi ke 6, yang menjanjikan konektivitas berkecepatan tinggi untuk menunjang kegiatan sehari hari.

Jadi apa yang membuat WiFi gen 6 ini sangat mampu menunjang kebutuhan kita?

WiFi generasi ke 6 ini memiliki kecepatan maksimal sebesar 9.6Gbps. Angka ini sangat lah jauh jika dibandingkan dengan WiFi generasi ke 5 yang hanya memiliki kecepatan maksimal 3.5Gbps. Dengan kecepatan sebesar ini, tentunya banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan kecepatan secepat itu. 

Kecepatan yang luar biasa tersebut diperoleh dari penerapan teknologi baru didalamnya. Salah satu teknologi baru yang ada dalam WiFi generasi ke 6 ini adalah teknologi yang diimplementasikan dari industri seluler bernama MU-MIMO dan OFDMA. MU-MIMO memungkinkan sebuah router untuk berkomunikasi dengan banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan secara stabil, hal ini pastinya sangat kita butuhkan di masa sekarang. Mengingat tidak hanya smartphone dan komputer saja yang membutuhkan internet misalnya perangkat Iot dan wearable device. Sedangkan OFDMA memungkinkan sebuah pengiriman data akan lebih baik lagi.

Tidak hanya berhenti di perkembangan kecepatannya saja, WiFi generasi 6 juga sudah memiliki protokol keamanan yang paling mutakhir yang ada pada saat ini. Yaitu WAP3. Sebuah protokol yang mampu mengenkripsi sebuah koneksi, sehingga tidak ada lagi cela untuk mendapatkan akses ke perangkat yang sedang melakukan pertukaran data.

Tentunya agar bisa menggunakan WiFi berteknologi terbaru ini, perangkatnya juga harus sudah mendukung. Dari mulai perangkat yang kita gunakan untuk berkegiatan, dan perangkat jaringannya itu sendiri. Saat ini sudah banyak platform perangkat jaringan dan komputer yang kompatibel dengan WiFi generasi terbaru ini. Tinggal nunggu waktu saja kapan kita dapat membelinya.

Sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5. gambar thumbnail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website