Webqual: Metode Ampuh Tingkatkan Pengembangan Bisnis Berbasis Website

Perkembangan bisnis saat ini sangat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya penjualan bisnis berbasis online berbentuk website bermunculan sehingga memudahkan para konsumen untuk menjangkau pasar. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong pesatnya pekembangan internet. Saat ini internet menjadi unggulan bagi para pebisnis dalam usaha memenangkan persaingan bisnis. Ini didasari oleh meningkatnya pengguna internet di dunia sehingga memudahkan para pebisnis untuk memasarkan dan mengembangkan lahan bisnisnya. Untuk mengevaluasi website yang dimiliki, maka perlu adanya suatu metode untuk mengukur apakah website toko tersebut mudah untuk dipelajari, mudah untuk ditelusuri dalam pencarian informasi atau mudah dalam pengoperasian situs bagi pengguna? Dari pertanyaan tersebut, munculah sebuah metode pengukuran website bernama Webqual.

WebQual adalah proses terstruktur dan disiplin yang menyediakan sarana untuk mengidentifikasi dan membawa suara pelanggan melalui setiap tahap pengembangan produk dan atau jasa dan pelaksanaanya dengan beberapa parameter, yaitu kualitas informasi dari penelitian sistem informasi, interaksi dan kualitas layanan dari penelitian kualitas sistem informasi, e-commerce, dan pemasaran serta usability dari human-computer interaction. Metode ini memiliki 4 dimensi yakni:

Usability Quality

Persepsi pengguna terhadap kemudahan dibaca dan dipahami, serta kemudahan beroperasi dan bernavigasi.

 Information Quality

Persepsi pengguna terhadap informasi yang disediakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan, selalu up-to-date dan akurat, serta informasi yang dapat dipercaya, relevan, mudah dibaca, dan dipahami.

Service Interaction Quality

Persepsi pengguna terhadap semua proses layanan dapat diselesaikan secara online, proyeksi gambar sesuai dengan situs pemerintah, serta penggunaan situs sebagai sarana interaksi alternatif yang keamanannya lebih baik.

Design Quality

Persepsi pengguna terhadap rancangan situs yang menyenangkan, keinovatifan rancangan situs, serta aliran emosional pengguna ketika menggunakan situs.

Saat ini versi terbaru dari Webqual adalah versi 4.0 yang merupakan identifikasi tiga dimensi dari kualitas website e-commerce, yaitu: kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan interaksi (service interaction quality). Dalam WebQual 4.0 ini, kegunaan berkaitan dengan desain website misalnya penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi dan juga tampilan yang disampaikan dalam website tersebut. Kegunaan fokus pada pandangan bagaimana pengguna melihat dan berinteraksi dengan website: apakah mudah bernavigasi? Apakah desain sesuai dengan jenis website? Lalu kualitas informasi merupakan kualitas dari isi website, yaitu kesesuaian informasi untuk penggunanya seperti format, tingkat akurasi dan juga relevansi. Terakhir ada kualitas layanan interaksi yang merupakan hal yang dialami oleh pengguna website, diwujudkan dalam bentuk kepercayaan dan empati misalnya mengenai transaksi dan keamanan informasi, pengiriman produk, personalisasi dan komunikasi dengan pemilik atau pengelola website.

Oleh karena itu, penggunaan Webqual di kalangan pebisnis online sangat bermanfaat untuk pengembangan bisnis. Karena dari hasil pengukuran ini, para pebisnis bisa melakukan evaluasi kinerja dan menyusun pengoperasian website lebih baik lagi. Sehingga konsumen yang terjangkau akan lebih banyak dan semakin mempermudah konsumen untuk membeli barang di website toko. Dari penjelasan di atas, tentunya penggunaan Webqual ini terdengar sangat menarik bagi pebisnis. Namun, sebelum menerapkan metode webqual ini, maka kita harus memiliki sebuah website. Jangan khawatir bagi anda yang masih bingung dalam pembuatan website. Karena Nemolab hadir dengan berbagai macam layanan dan salah satunya adalah pembuatan website. Silahkan kunjungi www.Nemolab.id untuk keterangan lebih lanjut,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website