Viral Marketing: Pengertian dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Bekalang ini, banyak pelaku bisnis online yang melirik viral marketing. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran tersebut memiliki pengaruh yang tinggi.

Viral marketing sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama dengan adanya media sosial yang kerap dijadikan perantara untuk memviralkan sebuah konten, kini viral marketing mempunyai format yang lebih luas.

Strategi ini pun mempunyai banyak keuntungan, seperti meningkatkan brand awareness hingga sales. Bahkan, strategi ini dapat dikatakan lebih efektif mensukseskan promosi dibanding dengan strategi lainnya.

Jadi sebenarnya apa itu viral marketing? Dan apa manfaatnya untuk bisnis? Daripada makin penasaran, yuk simak penjelasan di bawah  ini.

Pengertian Viral Marketing

Sesuai namanya, viral marketing merupakan strategi promosi untuk memviralkan sebuah iklan. Yang membedakan strategi ini dengan strategi lainnya adalah strategi ini berupaya menyebarkan informasi tentang suatu produk atau jasa dari mulut ke mulut atau Word of Mouth (WMO) melalui internet atau email. Hasilnya pun lebih efektif meningkatnya brand awareness dan bahkan bisa berujung ke hal yang lebih menguntungkan lagi, yaitu sales.

Selain itu, strategi ini juga tidak hanya berlaku untuk bisnis besar saja, tetapi bisnis kecil juga bisa menggunakan strategi ini. Dengan catatan, konten yang Anda buat harus bisa menarik perhatian.

Media sosial seringkali menjadi media utama untuk melakukan strategi ini karena penyebarannya yang cepat dan mudah. Namun sebenarnya, banyak juga media offline lain yang bisa dimanfaatkan, seperti billboard, majalah, dll.

Manfaat Viral Marketing

Manfaat apa saja sih yang bisa Anda dapat dari strategi ini?

  1. Menjangkau Target yang Lebih Luas

Penggunaan media sosial di seluruh dunia semakin hari semakin bertambah. Dengan menggunakan viral marketing tentunya dapat tersebar dengan cepat karena viral di media sosial atau internet. Dengan begitu, produk yang Anda jual akan berpontensi mendatangkan keuntungan yang besar.

  • Hemat Biaya Iklan

Dalam viral marketing, budget yang dikeluarkan lebih terjangkau dibanding pasang iklan di televisi ataupun koran. Viral marketing bisa menjadi solusi dalam meminimalkan pengeluaran untuk promosi.

Jika konten iklan yang Anda buat viral, maka keuntungan yang didapat juga semakin besar. Bahkan, keuntungan yang didapat bisa menutupi biaya pembuatan konten iklan tersebut.

  • Produk Dikenal Banyak Orang

Banyak brand yang cukup terbantu berkat adanya viral marketing. Gak heran jika brand yang dulunya kurang dikenal kini menjadi terkenal karena startegi marketing ini.

Nah, itulah penjelasan tentang viral marketing dan manfaatnya. Dengan menggunakan strategi ini, keuntungan bisnis anda akan semakin meningkat. Anda juga bisa mengenalkan brand, produk, dan layanan yang Anda tawarkan kepada masyarakat luas atau calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website