Tren Teknologi 2019: prediksi Internet of Things

Tren Teknologi 2019: prediksi Internet of Things

Tahun 2019 diprediksi akan menjadi “panggung” bagi perangkat kecerdasan buatan. Salah satunya adalah eksistensi Internet of Things yang semakin merambah ke banyak lini kehidupan.

Internet of Things (IoT)

Pada dasarnya, IoT adalah usaha untuk menghubungkan suatu benda dengan teknologi internet. Sehingga objek tersebut mampu mentransmisikan data lewat jaringan tanpa perlu sentuhan interaksi manusia ke objek maupun manusia ke manusia. Contoh aplikasinya adalah apabila lampu di rumah kita telah terhubung ke jaringan, kita bisa mengontrolnya dari kejauhan melalui gawai.

Seperti yang dilansir di forbes.com, tahun ini saja telah ada 3,6 milyar perangkat yang terhubung ke internet. Sudah bisa dipastikan angka ini akan terus meningkat di tahun 2019.

Bidang manufaktur dan kesehatan juga diprediksikan akan mengalami peningkatan penetrasi penggunaan IoT sebanyak 2x lipat selama periode 2017 hingga 2020.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, 87% organisasi kesehatan akan mengadopsi teknologi IoT. Kemungkinan penggunaannya relatif tidak terbatas. Pil pintar, peralatan rumah pintar, manajemen alat kesehatan pribadi, rekam data medis elektronik, pengelolaan data sensitif, hingga keseluruhan alat untuk pasien.

Tak hanya itu saja. IoT juga diprediksikan akna banyak masuk ke dalam fitur mobil yang akan Anda beli di tahun 2019 ini. Akan semakin banyak aplikasi yang tersambung ke mobil dan mampu menampilkan informasi terkait mobil. Mengecek tekanan ban, kondisi oli, penggunaan bahan bakar, dan masih banyak lagi kini akan lebih mudah diketahui dalam genggaman Anda.

Semakin banyak benda yang dapat terhubung ke internet tentu akan menimbulkan pertanyaan serius. Seberapa amankah teknologi tersebut dari serangan peretas? Tenang, pertanyaan ini juga sudah terpikirkan oleh para produsen manufaktur perangkat keras seperti Cisco, HPE, Dell dll. Di tahun 2019 ini mereka akan membangun infrastruktur yang jauh lebih aman agar masyarakat tak perlu khawatir dengan isu ini.

Ini barulah sedikit prediksi tentang IoT di tahun 2019. Sudahkah memiliki rencana untuk membeli “barang pintar” di rumah atau mobil Anda?

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart