Training of Trainers Platform Mitra Gambut 2.0: Menjangkau Upaya Restorasi ke Masyarakat Desa

Training of Trainers Platform Mitra Gambut 2.0: Menjangkau Upaya Restorasi ke Masyarakat Desa

Masih ingatkah Anda dengan peristiwa terbakarnya lahan gambut di Kalimantan dan Sumatera tahun 2015 yang asapnya dirasakan juga oleh Malaysia dan Singapura? Bencana itu tak hanya menimbulkan kerugian untuk warga Indonesia saja, namun masyarakat di negara tetangga pun harus turut menanggung getahnya.

Lahan gambut yang kerap terbakar, tentu memerlukan usaha ekstra untuk direstorasi dan dikembalikan fungsi hidrologisnya. Badan Restorasi Gambut (BRG) sebagai instansi yang berkewajiban untuk menangani hal ini menggandeng berbagai pihak terkait seperti swasta, mitra pembangunan, dan organisasi masyarakat sipil.

Untuk memaksimalkan partisipasi masyarakat, dibentuklah program Desa Peduli Gambut (DPG). Tujuannya adalah untuk memastikan pengelolaan gambut yang berkelanjutan dapat diterapkan di desa-desa, terintegrasinya upaya restorasi dalam perencanaan desa, serta dampak dari upaya restorasi ini dapat diperluas hingga ke daerah lain.

PT Nemolab Nusa Infomedia yang sebelumnya telah berpartisipasi dalam pembuatan sebuah aplikasi bernama Mitra Gambut, kini kami kembali ikut ambil bagian pada penyelenggaraan Training of Trainers Platform MitraGambut 2.0. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 September 2018 ini dihadiri oleh fasilitator DPG. Mengapa peran fasilitator penting? Karena merekalah yang nantinya akan mendampingi dan melatih masing-masing warga desa. Melatih fasilitator dianggap solusi paling efektif karena dalam keseharian, mereka mengamati secara langsung peristiwa yang terjadi di desa. Dan nantinya mereka pula yang akan mendampingi warga dalam pemanfaatan web dan aplikasi MitraGambut.

Dari lima materi yang akan disampaikan pada pelatihan ini, dua diantaranya diisi langsung oleh kami. Materi sistem aplikasi dan web MitraGambut diisi oleh lead developer kami, Aziz Nur Ariffianto. Sedangkan materi pengoperasian aplikasi MitraGambut dibawakan oleh Nur Faizah. Kegiatan yang berjalan lancar ini diharapkan juga akan bermanfaat maksimal bagi daerah lahan gambut agar proses restorasi dan perbaikan lahan dapat berjalan dengan cepat.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart