Sudah Siap Dengan Kehadiran Jaringan 5G di Indonesia?

Sudah Siap Dengan Kehadiran Jaringan 5G di Indonesia?

Meskipun jaringan 4G LTE masih memadai untuk saat ini, informasi hadirnya jaringan 5G yang sudah digaungkan sejak beberapa tahun lalu cukup mencuri perhatian. Meskipun faktanya belum semua daerah di Indonesia memiliki akses 4G yang baik dan merata. Memasuki tahun 2019 ini, provider di Indonesia sudah mulai bersaing mempersiapkan 5G menuju Indonesia Digital 2025. Bicara soal jaringan 5G, Negara Cina, Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat sudah lebih dulu mengembangkan jaringan 5G sejak beberapa tahun lalu. Lalu apa itu jaringan 5G dan keunggulannya?

Tentang Jaringan 5G

Jaringan 5G atau fifth generation merupakan teknologi terbaru yang diprediksi memiliki kecepatan hingga tiga kali lipat dari kecepatan generasi sebelumnya. Sistem kerja yang digunakan sebenarnya tetap sama. Data dikirimkan melalui gelombang radio yang dibagi dalam beberapa frekuensi Sesuai tipe komunikasinya. Mulai dari tipe komunikasi maritim, siaran televisi, dan tipe komunikasi yang menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini, mobile data. 

Keunggulan Jaringan 5G

1. Menambah kecepatan koneksi dan kapasitas

Untuk membandingkan seberapa cepat jaringan 5G, Nemo akan memberi gambaran. Kecepatan unduh 4G di Amerika Serikat rata – rata 19,42 Mbps.  Sedangkan nantinya 5G sudah mencapai gigabyte. Bahkan kecepatannya bisa mencapai 5GB per detik. Kecepatan ini 257 kali lebih cepat dari 4G di Amerika Serikat. Bukan cuma itu, dikutip dari merdeka.com, kapasitas jaringan 5G bisa menampung sampai satu juta perangkat per kilometer persegi. Mantap, kan ? Tentu ini menjadi kabar baik buat kamu apalagi bagi kamu pelaku bisnis.

2. Bukan Hanya Untuk Smartphone

Dengan kecepatan yang ditawarkan, jaringan 5G nantinya akan sangat membantu dalam berbagai aspek, bukan hanya smartphone. Dari mobil otomatis, aksesoris rumah tangga hingga headset VR juga diprediksi akan mengalami dampaknya.

3. Mengurangi Tingkat Latensi

Latensi merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mentransmisi data. Dengan tingkat latensi yang semakin rendah, biaya yang dikeluarkan juga bisa semakin efisien. Bukan hanya itu, dengan memakan baterai yang lebih sedikit dari jaringan 4G, maka daya yang dikeluarkan juga lebih hemat.

Itu tadi informasi seputar jaringan 5G. Lalu, kapan jaringan 5G bisa dinikmati di Indonesia? Nah untuk soal ini kamu harus bersabar dulu ya. Karna diperkirakan jaringan 5G baru bisa dinikmati di Indonesia beberapa tahun kedepan. Selain karena provider, ketersediaan device 5G di Indonesia masih belum begitu yang belum banyak. Yah semoga saja satu atau dua tahun lagi, ya! 

Ikuti terus informasi seputar nemotips dan nemoinfo dari Nemo di nemolab.id/blog dan kunjungi sosial media kami : @nemolabid dan @nemolabmedia

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart