Strategi Samudra Biru, Bisa Meningkatkan Peluang Profit Kamu

Strategi Samudra Biru atau lebih terkenalnya dengan istilah Blue Ocean Strategy telah diterapkan bagi beberapa perusahaan dalam satu dasawarsa ini. Blue Ocean Strategy adalah tentang merancang dan memperoleh forum pasar yang tidak terbantahkan dengan memunculkan permintaan baru.  Untuk menemukan dan mengidentifikasi Blue Ocean yang menarik, kita perlu mempertimbangkan “Kerangka Empat Tindakan”.
Kerangka tersebut mengajukan empat pertanyaan kunci, yaitu:

1) Angkat

Ini mencakup poin-poin yang harus dikembangkan oleh industri dengan mengacu pada lini produk, label harga, dan kualitas layanan.

2) Kurangi

Ini menunjukkan arena produk atau layanan organisasi yang menggambarkan karakter penting dalam industri tetapi tidak mutlak bersifat esensial. Oleh karena itu, proporsi produk dapat dikurangi tanpa sepenuhnya menghapusnya.

3) Singkirkan

Ini menunjukkan arena organisasi atau industri yang dapat dihilangkan secara mutlak untuk tujuan memotong biaya dan juga untuk membuat pasar yang benar-benar baru.

4) Buat Identifikasi kebutuhan pasar sasaran memberikan pengetahuan yang baik tentang penambahan langkah-langkah unik dan akibatnya melacak kemajuan untuk mengilustrasikan Blue Ocean.

Lalu apa manfaat dan kekurangan strategi Samudra biru, kita mulai dari manfaatnya terlebih dahulu :
1. Blue Ocean Strategy bekerja sama dengan organisasi untuk menemukan pasar yang tidak tersaingi dan menghindari pasar yang matang dan jenuh.
2. Menunjukkan bagaimana melepaskan diri dari model strategis tradisional dan untuk memperluas profitabilitas dan permintaan industri dengan menggunakan analisis.
Untuk kekurangannya ternyata ada loh, berikut beberapa kekurangan dari strategi model bisnis ini :
1. Cukup sulit untuk menemukan ide-ide futuristik dan mengindentifikasi pasar kolosal dan pasar yang belum tersentuh.
2. Hasil dari proses penelitian yang diperhitungkan dan terperinci yang didukung oleh analisis ekstensif.
3. Berpetualang ke pasar pada fase awal disertai dengan beban risiko. Ada kemungkinan besar bahwa pelanggan mungkin tidak memahami produk dan layanan karena tidak adanya teknologi yang dikembangkan sepenuhnya.

Kesimpulan
Strategi terobosan yang dikenal sebagai Blue Ocean Strategy adalah skema pemasaran pasifis dan dianggap sebagai alat perencanaan strategis untuk menilai bisnis. Strategi ini memenuhi permintaan baru dengan membiasakan produk unik dengan fitur-fitur canggih yang berbeda dari yang lain. Pendekatan Blue Ocean menghindari ideologi untuk mengungguli persaingan dan menegaskan untuk menciptakan kembali batas-batas pasar dan beroperasi di awal. Untuk menemukan dan mengidentifikasi Blue Ocean yang menarik, kita perlu mempertimbangkan “Kerangka Empat Tindakan” untuk merancang aspek nilai pembeli dalam menciptakan kurva nilai baru. Kerangka kerja ini mengajukan empat pertanyaan kunci, yaitu Angkat, Kurangi, Hilangkan & Buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website