Strategi Pemasaran Produk Baru agar Cepat Laku

Memasarkan produk baru memang terbilang sulit, apalagi produk yang belum dikenal masyarakat luas. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk para pengusaha, tak jarang mereka harus mencoba berbagai macam cara memasarkan produk baru dengan biaya yang besar agar produknya dapat diterima oleh pasar.

Tapi dalam memasarkan produk baru, tidak cukup hanya dengan mengeluarkan biaya besar, tapi juga harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat. Tanpa strategi yang matang, usaha kamu bukannya untung, tapi malah buntung. Mencari cuan tidak hanya menjual dengan harga murah agar cepat laku, tapi ada aturan khusus yang harus kamu lakukan untuk memasarkan produk baru tersebut. Apa aja sih? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

  • Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar perlu dilakukan untuk mengetahui potensi produk yang akan dijual, potensi konsumen, persaingan, daya tarik, dan tingkat strategis tempat pemasaran.

Jika penelitian menunjukkan hasil yang positif, maka produk siap dipasarkan. Namun apabila hasil riset menunjukkan kurangnya minat dari konsumen, kamu bisa mengevaluasi produk dengan memberikan nilai lebih pada produk kamu, sehingga produk dapat diterima pasar.

  • Peka terhadap Kebutuhan Konsumen

Kebutuhan dan keinginan konsumen berubah seiring perkembangan zaman. Jika para pelaku usaha tidak peka, mereka akan tertinggal dan kalah saing. Oleh karena itu, cobalah untuk menawarkan produk yang sedang mereka butuhkan. Hal tersebut menjadi salah satu strategi pemanasaran yang ampuh untuk menarik minat konsumen dan juga dapat menjadikan penjualan produk semakin meningkat.

  • Melakukan Promosi yang Efektif

Melakukan kegiatan promosi merupakan hal penting untuk mengenalkan produk baru. Tanpa melakukan promosi, produk yang kamu jual akan sulit dikenal orang, apalagi produk yang kamu jual adalah produk baru. Oleh karena itu, promosi wajib dilakukan untuk mengenalkan produk kamu ke pasaran.

Strategi promosi yang dapat dilakukan adalah menunjukkan kualitas produk, memberikan diskon atau kupon belanja, dan memberikan testimonial positif terhadap produk yang dijual.

  • Memanfaatkan Sosial Media

Menggunakan sosial media untuk memasarkan produk baru harus kamu lakukan, karena penggunaan sosial media di seluruh dunia semakin hari semakin bertambah setiap harinya, yang mana itu bisa menjadi peluang untung bisnis kamu.

Kamu bisa memasarkan produk kamu di Instagram, Twitter, Facebook, atau beberapa marketplace seperti, Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.

  • Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik dapat meningkatkan tingkat kepuasan konsumen dan akan berdampak pada perkembangan produk baru. Selain itu, memberikan pelayanan terbaik juga menjadi factor pendukung untuk meningkatkan kualitas produk kamu. Semakin baik kualitas pelayanan yang kamu berikan, maka semakin luas juga jangkauan pasar kamu. Begitu juga sebaliknya, jika kualitas pelayanan kamu buruk, maka konsumen akan meninggalkan produk kamu.

  • Kerjasama dengan Dropshiper dan Reseller

Memasarkan produk dengan bantuan dropship dan reseller banyak dilakukan oleh para pelaku usaha. Karena tak sedikit dari mereka yang sukses berkat bantuan dropshiper dan reseller.

Tapi ingat! Jangan asal memilih reseller dan dropshiper. Agar kamu tidak rugi, kamu harus menetapkan target penjualan sebelum melakukan kerjasama. Selain itu, kamu juga bisa membuat system pemasaran distributor antar reseller agar produk kamu merata ke seluruh daerah yang menjadi target pasar yang kamu jual.

Beberapa cara diatas terbukti ampuh untuk memasarkan produk baru bahkan untuk pemula sekalipun. Yakinlah, jika kamu melakukan strategi pemasaran dengan tepat, maka produk yang kamu pasarkan akan mampu bersaing dengan produk sejenis bahkan dengan brand yang lebih terkenal. Selamat mencoba…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website