SERP, Kancah Kekuatan Konten di Mesin Pencari

Website salah satu teknologi internet tidak hanya sebagai media informasi, tetapi menjadi proses pendukung bisnis perusahaan, akan tetapi penjualan melalui website belum cukup efektif jika tidak didukung dengan strategi promosi yang baik. Beberapa orang mengenal salah satu teknik promosi yang disebut dengan SEO. Lalu bagaimana dengan SERP? Apa itu SERP? Apakah perbedaan antara SEO dan SERP? Yuk! Simak penjelasan berikut ini.

Pengertian SERP

Search Engine Result Page atau yang di singkat dengan SERP adalah suatu halaman pada mesin pencari yang menampilkan hasil pencarian berdasarkan dengan kata kunci yang digunakan. SERP ini bersifat dinamis tergantung dengan kata pencarian yang digunakan.

Hubungan SERP dan SEO

Search Engine Optimization diartikan sebagai suatu proses optimasi terhadap website dengan segala aspeknya seperti konten, sistem, dan lainnya. Sedangkan Search Engine Marketing merupakan suatu bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman hasil pencarian mesin telusur seperti Google. Dengan kata lain, pada dasarnya SEO dan SEM tidak memiliki perbedaan yang mendasar, Jika SEO hanya mengandalkan keywords agar website Anda dapat dijangkau oleh pengguna mesin pencari, maka SEM bertugas untuk memaksimalkan kinerja SEO.

Fitur SERP

  • Pay-Per-Click

Fitur pertama adalah Pay-per-Click atau disingkat menjadi PPC. Lewat fitur ini, konten Anda sudah pasti ada di atas. Akan tetapi, Anda harus membayar mesin pencari untuk mendapatkan posisi itu.

  • Shopping Result

Ini adalah fitur SERP selanjutnya. Ia disebut dengan Shopping Result. Layaknya PPC, Anda harus membayar untuk masuk ke sini.

  • Organic Search Result

Selanjutnya, ada Organic Search Result. Ini merupakan salah satu fitur yang paling sejalan dengan tujuan mesin pencari. Ketika Anda memasukkan kata kunci ke Google, Anda tentu tengah mencari informasi. Nah, di SERP, Anda akan menemukan konten yang paling pas dengan kata kunci tadi.

  • Featured Snippets

Featured Snippets adalah sebutan untuk konten yang selalu ada di puncak hasil pencarian Google. Lewat fitur ini, Anda bisa mencuri klik dari hasil pencarian pertama.

  • Google Knowledge Panel

Ada banyak hal yang bisa masuk ke sana. Orang, tempat, benda, perusahaan, istilah, dan masih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk perusahaanmu, lho. Jika Anda tertarik, Anda tinggal menggunakan tool Google Knowledge Graph.

Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah mulai memahami perbedaan antara SEO dan SERP serta fitur-fitur di dalamnya yang bisa dimanfaatkan. Eits, sebelum Anda akan memanfaatkan SERP untuk meningkatkan website, tentunya Anda harus memiliki website terlebih dahulu. Jika Anda masih bingung dalam membuat website, maka sekarang tak perlu bingung lagi, karena Nemolab hadir dengan layanan pembuatan website. Silahkan kunjungi www.nemolab.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website