Resolusi 2019 untuk Desa di Kec. Lebaksiu Lebih Maju

Resolusi 2019 untuk Desa di Kec. Lebaksiu Lebih Maju

(18/12) 2018 sebentar lagi akan usai. Salah satu ritual tahun baru yang umum dilakukan adalah menentukan resolusi 2019. Bertempat di Grand Dian Hotel Guci, perwakilan dari 15 desa yang hadir dalam Lokakarya Pengembangan Sistem Informasi Desa juga melakukannya. Dipandu oleh Nemolab sebagai fasilitator, “kartu impian” ini menjadi pijakan perangkat desa dalam menetukan impian desa mereka selama setahun ke depan. 

Berbekal selembar plano dan sticky notes, peserta diajak untuk menuliskan harapan dan target untuk desa mereka. Kegiatan ini dilakukan setelah materi asas dan kewenangan desa oleh Budi Satrio. Materi lain yang juga disampaikan dalam lokakarya ini adalah teknik menulis, pengenalan website desa.id dan sistem informasi desa. Kartu impian ini harapannya juga bisa memacu peserta untuk memiliki target dalam pengelolaan website.

Keseruan dalam menyusun impian desa dan belajar menulis konten di hari pertama berlanjut hingga hari kedua. Setelah tahu bagaimana cara menulis sesuai kaidah jurnalistik yang baik, peserta bermain mengeksplorasi website desa. Bagaimana cara mengunggah gambar dan konten, para peserta telah mahir mengoperasikannya. Peserta juga belajar tentang Open SID (Sistem Informasi  Desa) dan telah paham bagaimana hal ini bermanfaat. Tak hanya untuk warga yang nantinya akan merasakan pelayanan lebih cepat. Ketika ada investor ataupun hal lainnya yang membutuhkan data segera, akan teratasi dengan baik. Semuarta antusias mempelajari sesuatu hal yang baru ini.

Perangkat desa belajar mengoperasikan website desa

Dengan adanya lokakarya ini, harapannya adalah agar desa kini menjadi lebih efisien dan suaranya terdengar oleh publik yang lebih luas. 

Sedikit Cerita lainnya