React Native, Apa Itu?

React Native, Apa Itu?

Pada masa kini pengembangan aplikasi secara multiplatform dengan menggunakan sebuah alat pengembangan maupun framework merupakan salah satu alternatif yang dilakukan oleh developer agar dapat mengembangkan aplikasi mobile langsung ke berbagai platform hanya dengan mengerjakan satu kali pengerjaan.

React Native sendiri merupakan framework open source yang memungkinkan developer untuk mengembangkan aplikasi native di Android dan iOS dengan menggunakan Javascript. Hal ini  terjadi karena framework ini memiliki JavaScript yang dinamakan React.js

.

React Native juga ditujukan untuk membantu pekerjaan developer dalam membangun aplikasi besar yang menggunakan data yang berubah dari waktu ke waktu. Dengan framework Open Source tersebut memungkinkan para developer yang telah fokus di JavaScript dapat juga mengembangkan aplikasi pada platform mobile seperti iOS maupun Android.

Nantinya semua operasi antara kode aplikasi JavaScript dengan platform mobile akan dieksekusi dengan sistem.

YUK DAFTAR KELAS REACT NATIVE: Klik Disini!

Apa sih kelebihan React Native?

1. Digunakan oleh beberapa perusahaan besar, diantaranya adalah:

  • Facebook
  • Facebook Groups
  • Instagram
  • Airbnb
  • Discord
  • Baidu

2. Satu kode Javascript untuk iOS dan Android, dengan menggunakan React Native para programmer cukup melakukan kode sekali yang mana kode tersebut nantinya bridging ke Android (Java) dan iOS (obj c).

3. Native Component, React Native benar benar menggunakan Native Component dan Native API. Kode JavaScript anda akan dibridging ke Native iOS maupun Android.

4. Codesharing, Sebagian codebase yang kamu tulis itu bisa kamu gunakan untuk berbeda platform dimana disni bisa digunakan untuk android dan ios. Dengan begitu untuk hal - hal yang mendasar jika kita memiliki fungsi - fungsi umum yang tidak bersentuhan langsung dengan komponen yang berbeda platform ini kita bisa gunakan codebase tersebut. Sebagai contoh semisal kita punya sebuah fungsi untuk mengkonfersi currency, maka dengan begitu kita bisa gunakan untuk android ataupun di ios.

Baca Juga : Manfaat Point Of Sales Bagi Bisnis Kamu

Sedikit Cerita lainnya