Progressive Web Apps (PWA), Teknologi Pesaing Android dan iOS

Progressive Web Apps (PWA) adalah teknik pemrograman terbaru yang dikembangkan oleh Developer Google yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aplikasi website dari segi kecepatan ketika mengaksesnya melalui web browser. Teknologi terbaru ini akan menjadi pesaing aplikasi mobile seperti Android dan iOS. Belakangan ini Google sedang gencar mengenalkan teknologi PWA ke perusahan-perusahaan teknologi di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia.

Sebuah Aplikasi Android atau iOS wajib membutuhkan media penyimpanan pada smartphone anda. Ketika anda membuat aplikasi khususnya di mobile, PWA akan menghadirkan fasilitas dan pengalaman user yang sama dengan ketika pengguna menggunakan web browser atau aplikasi di mobile. Dengan demikian pengguna tidak perlu melakukan instalasi aplikasi terlebih dahulu ketika ingin menggunakan layanan aplikasi anda. Sehingga PWA memungkinkan anda memperpendek perjalanan pengguna dalam menggunakan aplikasi yang anda buat khususnya di mobile.

Terdapat 3 keuntungan jika developer mengembankan aplikasi dengan metode progressive web application (PWA), yaitu :

  1. Reliable. Konsep yang ditawarkan metode pengembangan aplikasi menggunakan PWA ini memungkinkan pengguna untuk bisa mempersingkat loading time pada tiap halaman aplikasi. Jika loading time memakan waktu lebih lama, tentu pengguna akan mengalihkan perhatiannya ke hal lain.
  2. Fast. Kelemahan pada website reguler terletak pada User Interface yang kurang responsif jika dibandingkan dengan native app. PWA memungkinkan anda untuk memiliki aplikasi yang hemat data dengan keuntungan user interface yang responsif layaknya native app.
  3. Engaging. Bukti nyata dari peningkatan engagement pada aplikasi PWA sudah dibuktikan oleh perusahaan-perusahaan besar dunia. Menurut Margarita Shilova, dalam artikelnya menulis bahwa Twitter dengan produk Twitter lite berbasis PWA telah sukses menurunkan bounce rate atau angka hilangnya interaksi pengguna dengan aplikasi sebanyak 20%.

Sumber 1

Sumber 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website