TUJUH FITUR TERBARU APLIKASI SIGAP 3.07

TUJUH FITUR TERBARU APLIKASI SIGAP 3.07

tampilan awal aplikasi SIGAP 3.07
tampilan awal aplikasi SIGAP 3.07
 
 

Sigap (Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan) merupakan pendekatan yang dikembangkan oleh TNC (The Nature Conservancy) dan Nemolab sebagai developer dengan tujuan mendayagunakan kekuatan yang dimiliki masyarakat dalam melakukan aksi inspiratif untuk mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik di tengah sumber daya alam yang lestari. Aplikasi SIGAP ini bisa merekam, mencatat dan mengabadikan pelaksanaan kegiatan SIGAP sehingga pengguna bisa saling berbagi dan menginspirasi satu sama lain. 

Tahun 2016 SIGAP dibuat pertama kali sebagai upaya program karbon hutan di Berau, Kalimantan Timur. Selama tiga tahun berjalan, masyarakat sekitar juga turut andil berperan dalam mengelola wilayah mereka dengan cara – cara kreatif dan berkelanjutan. Apresiasi diberikan dari berbagai pihak dan komunitas karena dengan adanya aplikasi SIGAP masyarakat desa, fasilitator dan pemerintah sekitar menjadi terbantu dalam memajukan daerahnya.

Untuk memaksimalkan performanya, dilakukan upgrade major setiap enam bulan sekali pada aplikasi SIGAP guna meningkatkan performa aplikasi dan juga memperbaiki fitur – fitur sebelumnya yang belum sempurna. Berikut ini fitur terbaru di SIGAP 3.07 :

1. Tampilan Baru

Mengalami beberapa kali perubahan, kini aplikasi SIGAP 3.07 memiliki tampilan menu terbaru. Pada menu utama (beranda) setelah pengguna berhasil login, pengguna akan disuguhi menu utama yang ada di bagian bawah. Mulai dari beranda, panduan, obrolan, komunitas dan profil. Beberapa menu optional juga dihadirkan dengan tampilan terbaru seperti peta, konsultasi, produk desa, kabar desa dan kuis SIGAP.

WhatsApp Image 2019-08-02 at 10.41.29
Tampilan baru SIGAP 3.07
WhatsApp Image 2019-08-02 at 10.41.30
Tampilan baru SIGAP 3.07

2. Tersedia dalam aplikasi berbasis website 

Selain aplikasi di android, SIGAP juga tersedia dalam aplikasi berbasis website yang nggak kalah lengkap informasinya dari aplikasi di android. Oh iya jika kamu sebagai pengguna ingin tahu lebih banyak seputar informasi masyarakat disana, kamu bisa baca berbagai tulisan pada bagian menu Komunitas. Komunitas SIGAP ini menjadi media komunikasi bagi pengguna SIGAP yang berisi informasi, komentar dan membagikan tulisan ke oran lain. Fitur ini tersedia di aplikasi maupun website SIGAP. (klik di sini)

3. Login dengan Nomor HP atau QR Code

Kini untuk login pengguna sudah semakin dimudahkan dengan menggunakan nomor handphone atau scan QR Code. Caranya juga sangat mudah : untuk login dengan nomor handphone, pengguna tinggal memasukan nomor dan pilih “masuk”. Sedangkan jika menggunakan QR Code, pengguna tinggal scan QR code untuk memudahkan masuk ke dalam website SIGAP.

nomor sigap
Login dengan nomor HP
Login QR Code
Login dengan QR Code

4. Fitur Chatting

Fitur terbaru berikutnya yaitu fitur chatting. Sesama pengguna aplikasi SIGAP kini sudah bisa saling bertukar pesan secara lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan fitur chatting ini. Jadi pengguna sudah tidak perlu bingung lagi jika ingin berkonsultasi atau memberikan informasi kepada pengguna lain meskipun berbeda lokasi.

WhatsApp-Image-2019-08-08-at-3.03.03-PM-576x1024
Fitur chatting SIGAP 3.07
WhatsApp-Image-2019-08-08-at-3.03.02-PM-576x1024
Fitur chatting SIGAP 3.07

5. Unggah Laporan Secara Offline

Fitur ini tentu menjadi salah satu fitur yang sangat membantu pengguna SIGAP jika ingin mengunggah dokumen tetapi jaringan internet sedang tidak stabil. Emang bisa? coba aja! Jika kamu pengguna SIGAP, coba unggah laporan atau cerita kamu secara offline (tanpa internet). Nantinya dokumen yang kamu unggah akan secara otomatis dipublikasi jika device sudah terkoneksi internet. Sangat membantu,kan?

6. Fitur Membuat Grup

 Selain fitur chatting, pengguna juga bisa membuat grup untuk berbagi informasi atau berdiskusi dengan lebih dari satu orang. Fitur ini bisa kamu nikmati baik di aplikasi maupun website. Untuk di aplikasi : buka aplikasi SIGAP lalu  pada menu utama (barisan bawah) pilih menu obrolan. Kemudian pilih “grup” dan ketuk tanda “+” dibagian pojok kanan atas untuk membuat grup baru. 

pasted image 0

7.Dashboard desa

Fitur yang terakhir ini yaitu dashboard desa, yang dibuat untuk melihat transparansi dana desa dan rencana pembangunan desa. Fitur ini juga ada di website dan aplikasi SIGAP. Dengan fitur ini pengguna bisa mendapatkan informasi yang detail seputar dana desa, seperti penyelenggaran, pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan. Untuk di aplikasi, fitur ini ada di bagian menu awal, ya. Kamu tinggal pilih provinsi, kabupaten dan desa mana yang akan kamu lihat dana desanya.

pasted image 0 (1)

Itu tadi 7 fitur terbaru yang ada di aplikasi SIGAP 3.07. Sampai saat ini, Nemo sebagai developer aplikasi SIGAP 3.07 terus berusaha meng-upgrade aplikasi ini untuk kenyamanan penggunanya. Kunjungi https://sigapp.id/ untuk tahu lebih banyak mengenai website SIGAP dan untuk melihat fitur lengkap aplikasi SIGAP 3.07 kamu bisa unduh di sini. Jika kamu pengguna SIGAP, tulis di kolom komentar pengalaman kamu sebagai pengguna aplikasi SIGAP, ya!

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart