Podcast Menjadi Marketing Trends 2019

Podcast Menjadi Marketing Trends 2019

Kamu termasuk salah satu penikmat podcast baik dari platform audio maupun video di youtube? Disadari atau tidak, saat ini podcast sedang menjadi tren baru di kalangan millennials Indonesia. Falcon.IO menuliskan, podcast diprediksi akan booming sebagai marketing trends 2019. Hal ini dinilai masuk akal karena topik yang ringan dan lekat dengan kehidupan sehari – hari menjadikan podcast tidak bosan untuk didengar. Bukan cuma itu, podcast menjadi media yang cukup efektif untuk menjangkau pendengarnya. Itulah yang membuat para ahli, perusahaan, pengusaha, bahkan influencer mengambil kesempatan ini sebagai media digital marketing mereka.

Alasan Podcast Menjadi Marketing Trends 2019

Dikutip dari berbagai sumber, podcast yang merupakan singkatan iPod broadcasting ini rilis pertama kali tahun 2001. Setelah 18 tahun berjalan, kini podcast bisa dinikmati dalam berbagai saluran, baik dari website, streaming audio, youtube, dll. Mengapa podcast diprediksi akan menjadi Marketing Trends 2019? Dari penelitiannya, Falcon.IO menuliskan 44% orang Amerika saat ini mengkonsumsi lebih dari 6,5 jam podcast setiap minggunya. Apabila diakumulasi, secara konsisten pendengar podcast naik 10% setiap tahunnya sejak tahun 2013.

Begitu juga di Indonesia. Dikutip dari techinasia.com, berdasarkan real count di Spotify dan Souncloud, pada awal 2019 saluran podcast di Indonesia bertambah dari tahun sebelumnya sekitar 80 menjadi 300-an. Jumlah tersebut tentu bisa terus meningkat mengingat kini sudah banyak entrepreneur, influencer, bahkan artis saling gencar membuat podcast. Untuk konten, berdasarkan survey yang dilakukan oleh DailySocial menunjukan konten bertema bisnis, hiburan dan teknologi lebih diminati di Indonesia. Berbeda dengan Amerika yang lebih tertarik mendengarkan podcast bertema sosial, politik dan sains.

Sederhananya, dengan biaya produksi yang terbilang murah tetapi keuntungan yang didapat besar menjadi alasan para pengusaha, perusahaan bahkan influencer memanfaatkan tren ini sebagai media digital marketing mereka. Salah satunya melalui iklan. Kamu tahu? penghasilan dari podcast bisa jauh lebih besar dibandingkan TV, radio, maupun situsweb, loh.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile di Purwokerto

Rekomendasi Aplikasi Podcast Untuk iOS dan Android

1.Spotify


Tahun 2015, Spotify sebagai aplikasi streaming musik menambahkan fitur podcast. Dengan begitu, kamu bisa mendengarkan podcast dimanapun dan kapanpun dari spotify. Kamu juga bisa membuat dan menyiarkan podcast kamu sendiri disitu.

2. Souncloud

Selain spotify, souncloud juga bisa dijadikan pilihan aplikasi podcast gratis yang bisa kamu dengar kapan saja dan dimana saja. Keuntungan lainnya, podcast disini bisa kamu dengarkan secara offline dengan cara mengunduhnya.

3. Podcast Addict

Bukan cuma podcast saja yang bisa kamu nikmati, berbabagi audiobook, live streaming radio dan masih banyak lagi di podcastaddict ini . Aplikasi ini juga mendukung sambungan dengan channel Youtube dan Twitter. Lengkap, kan?

Bagaimana? kamu tertarik untuk membuat siaran podcast sendiri? Tunggu apalagi? Yuk buat siaran podcastmu sendiri sekarang juga!

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart