PKL DI NEMOLAB

PKL DI NEMOLAB

Praktek Kerja Lapangan atau biasa disingkat PKL merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan disekolah dengan keahlian melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja.

Bersekolah di sekolah kejuruan atau SMK adalah sesuatu yang berbeda dari yang dibayangkan.

Berbeda dengan sekolah di SMA yang semuanya berdasarkan dengan materi semua yang dipelajari tak lepas dari hafalan dan hitungan. sedangkan di sekolah kejuruan pembelajarannya berdasarkan skill atau kemampuan dan sebagian dari materi. oleh karena itu di SMK semakin banyak praktek praktek yang dilakukan.

Praktek Kerja Lapangan yang dilakukan di perusahaan atau industri di luar sekolah, yang bertujuan agar siswa mengerti bagaimana dunia kerja. Karena pada dasarnya anak SMK dipersiapkan untuk langsung kerja setelah lulus SMK.

Saya sebagai siswa SMK juga mendapat kesempatan untuk mengikuti PKL di perusahaan di luar sekolah, dan beruntungnya saya dapat prakerin di Nemolab Purwokerto. Nemolab adalah sebuah perusahaan software development yang telah mengeluarkan produk produk software yang bermanfaat.

Di Nemolab juga menyenangkan, mereka sangat ramah, peduli, dan mereka terkadang suka bercanda sehingga suasana di kantor tidak menjadi canggung. Tetapi walaupun mereka suka bercanda, tetapi pekerjaan mereka tidak main main.

Baca Juga: SIGAP, Aksi Inspiratif Warga Untuk Perubahan

Di Nemolab, saya dan teman teman prakerin lainnya tidak didiamkan atau diberi pekerjaan yang membosankan. Kami diberikan pekerjaan yang menyenangkan dan pastinya sesuai kemampuan. Kami diberi tugas seperti membuat artikel, setting mikrotik, dan lain lain. Selain itu, kami sering diajak berbagai acara di luar kantor dan refreshing di luar kantor, berbagi pengalaman, dan menyampaikan harapan.

Sehingga kami saling terbuka dan semakin akrab. Pagi hari sebelum bekerja, semua melakukan sprint plan untuk menentukan pekerjaan apa akan dilakukan hari ini dan yel yel semangat, setelah bekerja juga melakukan sprint untuk menyampaikan kemajuan pekerjaan yang dilakukan hari ini serta yel yel untuk tetap semangat.

Banyak sekali yang bisa dipelajari ketika PKL di Nemolab. Belajar membuat artikel untuk dipublikasikan, membuat caption menarik pelanggan, setting mikrotik sungguhan bukan simulasi, juga belajar laravel untuk website. Jika siswa prakerin merasa kurang paham dengan apa yang dikerjakan, mereka pekerja di Nemolab pasti membantu.

Selain itu, pelajaran yang tidak bisa di dapat sekolah yang tidak kalah penting adalah kekeluargaan yang sangat erat dan solid di Nemolab, tidak semua perusahaan dapat memberi pelajaran ini.

Sedikit Cerita lainnya