Perbedaan Domain .COM dan Domain .ID

Buat kalian para pengguna berbagai situs di internet, pasti tidak asing dengan istilah domain dan bertanya-tanya, apa itu domain? Jadi sebenarnya untuk memahami domain dengan mudah, diibaratkan domain itu adalah alamat dari rumah anda. Untuk para pemula, pasti kalian masih bingung dengan istilah domain ini, untuk lebih mudahnya akan diberi contoh, GPS dalam aplikasi Gojek ataupun aplikasi lain pasti membutuhlan nama jalan atau kode pos agar sistem bisa menyediakan arah untuk anda. Nah, sama halnya dengan Web Browser juga membutuhkan nama domain guna untuk mengarahkan para user ke suatu halaman website.

Untuk nama domain itu sendiri memiliki 2 elemen yang utama. Dalam domain Facebook.com, yang memuat nama website serta ekstensi nama domain (.com). Untuk menggunakan domain ini sendiri harus membelinya terlebih dahulu, pada saat suatu perusahaan membeli nama domain, mereka bisa menentukan server mana yang akan menjadi tujuan untuk pengarahan nama domain. Namun, ada beberapa juga domain yang gratis yang dapat anda peroleh di berbagai website seperti WordPress.com, Squarespace, Weebly, dan web yaang lain. Domain gratis ini lebih mengarah pada subdomain karena menggunakan nama website dalam domain pribadi anda, contohnya romirashop.store.com, itu berarti domain tersebut berasal dari WordPress.

Untuk tipe domain sendiri, semua nya tidak memiliki nama domain yang mengikuiti rumus dan aturan yang sama. Ada berbagai macam tipe dari domain dan tipe tersebut memiliki tingkatan masing-masing, dari yang Top level domain yang terdiri dari Conty Top Level Domain dan Generic Top Level Domain lalu untuk tipe selanjutnya adalah Second level Domain dan yang terakhir Subdomain. Untuk kali ini pembahasan akan lebih mengerucut pada id dan com. Pasti anda tidak asing kan dengan istilah id dan com, apa sih pembeda dari kedu domain tersebut? Yuk mari simak.

Banyak orang yang masih tidak tahu secara jelas apa perbedaan dan harus menggunakan ekstensi domain yang mana agar sesuai dengan website tujuananya. Di sini akan menjelaskan perbedaan antara domain .COM dengan domain .ID.

Jadi untuk domain .COM dilihat dari pengelolahannya domain ini biasa dikenal dengan domain internasional yang dikelola oleh sebuah lembaga penyedia domain internasional yang terkenal dengan nama Internet Corporation For Assigned Names and Numbers (ICANN). Sedangkan untuk domain .ID adalah domain yang dikeluarkan oleh pengelola domain Indonesia atau dikenal dengan PANDI. Domain ini khusus dibuat untuk seluruh warga Indonesia yang memiliki website. Dari sisi hak kepemilikan, domain .COM lebih terbilang bebas dalam menggunakannya karena domain ini bersifat interasional, jadi seluruh orang di dunia boleh menggunakan domain .COM. ini. Sedangkan untuk domai.ID hanya diperbolehkan untuk orang Indonesia saja. Lalu domain ini pun memiliki tingkat profesionalitas yang tinggi dalam penggunannya, sehingga hanya beberapa pihak saja yang bisa diperbolehkan menggunkan domain .ID ini, maka dari itu hanya beberapa pihak yang diperbolehkan untuk menggunakan domain ini contoh domain ini hanya boleh dimiliki oleh lembaga pemerintahan.

Untuk syarat pembeliannya sendiri tiap domain memiliki syarat pembelian masing-masing. Domain .com tidak memilik syarat dan ketentuan apapun jadi semua pihak atau user dapat dengan mudag memeiliki domain .COM ini. Sedangkan untuk domain .ID memiliki syarat dan ketentuan yang beragam dari paspor, akta, SIUP, akta notaris dan semacamnya tergantung dari ekstenti domain .ID yang ingin dimiliki oleh para user.

Jika dikaitkan dengan binis online banyak yang bertanya,dari kedua domain tersebut mana yang lebih baik digunakan untuk bisnis online? Untuk menjelaskan pertanyaa tersebut hal ini kembali lagi kepada bentuk bisnis yang akan dilakukan, sebagai seorang penjual harus menganalisis terlebih dahulu bisnis online apa yang akan dijalani. Apakah bisnis online tersebut diperluas samapi luar negri atau hanya ditujukan kepada masyarakat lokal Indonesia. Jika bisnis itu dikembangkan untuk go international, maka lebih baik untuk menggunakan domain .COM. Namun, jika hanya masyarakat Indonesia lebih baik menggunakan domain .ID.

Bagi kamu para pengguna internet tidak perlu khawatir menghadapi segala permasalahan dunia digital lebih khususnya tentang domain. Nemolab hadir sebagai mitra yang siap menangani permasalahan tersebut. Memberikan jasa pelayanan pembuatan mobile, pembuatan aplikasi web, pembuatan website beserta domain di dalamnya, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.nemolab.id atau kontak kami melalui nomor whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website