Penyebab Website Bisnis Sepi Pengunjung

Memasuki era digital saat ini, banyak pelaku usaha yang mulai memanfaatkan website sebagai salah satu media promosi untuk menawarkan bisnisnya kepada calon pelanggan baru. Meningkatnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat tentu berakibat pada lahirnya berbagai peluang bisnis yang sebelumnya jarang atau bahkan sulit didapatkan.

Terlepas dari fenomena tersebut, tidak semua pelaku usaha berhasil menerapkan website sebagai metode untuk menjalankan bisnis secara efektif dan efisien. Salah satunya penyebabnya adalah tidak adanya pengunjung organik yang datang. Minimnya traffic jumlah kunjungan kedalam sebuah website biasa disebabkan oleh beberapa alasan. Misalnya seperti kurangnya konten berkualitas, kinerja server kurang optimal, bahkan hingga tidak adanya strategi pengelolaan yang baik dan benar.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat anda lakukan untuk membuat website yang anda miliki tidak sepi pengunjung:

1. Terlalu Fokus di Media Sosial

Kesalahan pertama yang paling sering dan banyak dilakukan oleh para pelaku usaha adalah masih mengandalkan media sosial sebagai senjata utama untuk melakukan transaksi dengan para calon konsumen, padahal sudah memiliki sebuah website.

Harus kita akui bahwa media sosial adalah senjata yang sangat luar biasa sakti untuk memasarkan bisnis yang kita miliki baik berupa produk maupun jasa. Namun jika kita terlalu fokus merawat akun media sosial yang kita miliki, lambat-laun website yang sudah kita miliki semakin hari akan semakin sekarat karena tidak terawat dengan baik.

Karena pada dasarnya website yang kita miliki ibarat senjata yang harus terus kita asah agar semakin tajam dan semakin ampuh agar dapat membantu mengoptimalkan berjalannya sebuah bisnis. Maka hal pertama yang harus para pelaku usaha lakukan setelah selesai membuat website adalah memikirkan cara yang untuk merawat website tersebut.

2. Website Jarang Update

Sama halnya dengan akun media sosial, website yang jarang melakukan update juga bisa jadi penyebab website sepi pengunjung dan memiliki conversion rate kecil. Hal ini sebenarnya masuk akal, sebab para calon konsumen membutuhkan informasi terbaru yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan setiap kali mengunjungi website kita.

Maka dari itu, para pelaku usaha harus rutin melakukan update konten dan informasi dari produk atau jasa yang di tawarkan pada website secara berkala. Setidaknya dalam satu minggu harus ada satu informasi baru pada website, bisa berupa, daftar produk baru, daftar produk yang diskon, daftar produk terlaris, atau hal lain yang di anggap penting untuk diketahui oleh para calon konsumen. Dengan begini, para calon konsumen tidak akan merasa kecewa pada saat masuk ke website kita.

3. Belum Melakukan Optimasi SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu strategi agar website atau blog bisa tampil di halaman pertama search engine. Untuk mendapatkan SEO yang tepat, anda perlu menetapkan kata kunci yang dibidik, menempatkan backlink berkualitas, memiliki konten serta informasi terupdate, dan masih banyak lagi syarat serta ketentuan lainnya.

Optimasi SEO tak selamanya harus menggunakan teknik tingkat dewa, jika Anda masih dalam level pemula untuk urusan pengelolaan website Anda bisa memulai dengan langkah-langkah sederhana seperti mendaftarkan website ke Google Search Console dan Google Analytics.

Penautan website ke Search Console sangat penting untuk dilakukan dan seharusnya dilakukan tepat setelah website online. Pasalnya, Google Search Console bisa membantu memantau performa situs kita dalam jangka panjang. Selain itu, dengan berbekal data dari Search Console Anda juga bisa melakukan optimasi kata kunci, mereview backlink yang masuk, serta melakukan perbandingan jumlah impresi pada masing-masing kata kunci.

4. Website tidak Responsif dan Mobile Friendly

Tampilan website merupakan impresi pertama yang akan menentukan seberapa betah para calon konsumen dalam mengakses website bisnis yang anda miliki. Sementara di era perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini perangkat mobile seakan sudah menjadi barang primer yang digunakan oleh tiap orang.

Jadi, apabila website Anda belum responsif dan mobile friendly maka pengunjung akan melihat website dengan tampilan yang tidak teratur atau acak-acakan. Untuk menghindari hal ini terjadi, anda bisa berkonsultasi dengan Nemolab untuk menemukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan ini.

5. Nama Domain Website Susah Diingat

Anda tentu menginginkan nama domain yang memorable dan sesuai dengan keinginan pribadi atau branding image yang sedang Anda bangun. Namun, jangan sampai Anda salah memilih nama domain, apalagi menggunakan nama yang susah diingat, terlalu panjang, atau terlalu umum. Nama domain yang susah disebut dan susah diingat, biasanya susah pula untuk diketik manual di pencarian.

Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih nama domain yang singkat, padat, dan jelas. Hindari menggunakan angka maupun simbol dalam nama domain, sebab itu juga susah untuk diingat. Banyak penelitian dan riset yang telah dilakukan menemukan bahwa nama domain yang pendek justru lebih menarik perhatian pengguna internet, apalagi kalau dipadukan dengan ketersediaan konten yang bermutu secara rutin. Para pengunjung bisa dibuat ketagihan untuk terus mengunjungi website Anda.

Setelah mengetahui apa saja penyebab website sepi pengunjung, maka segera lakukan perbaikan untuk membuat website menjadi lebih cepat dan user friendly. Anda bisa memanfaatkan jasa profesional, seperti website marketing company, atau digital agency yang memahami digital marketing for small businesses.

Tentu hal ini membutuhkan biaya yang lumayan, apalagi jika ingin website lebih profesional dibanding sebelumnya. Tetapi sekalipun mengeluarkan biaya, jika hasil akhirnya website yang Anda miliki bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dan mereka melakukan transaksi sesuai yang diharapkan, maka biaya yang dikeluarkan malah bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website