Penyebab Gagal Berbisnis Online

Saat ini pasar eCommerce berkembang sekitar 13% setiap tahun di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa 8 dari 10 pelaku usaha mengalami kegagalan dalam berbisnis online dengan kurun waktu kurang dari 2 tahun. Penyebab utama dari fenomena ini adalah ketidaksiapan para pelaku usaha untuk menghadapi ketatnya persaingan di pasar Online.

Untuk menghindari hal serupa, maka para pelaku usaha harus menghindari hal-hal berikut ini :

1. Produk Kurang Fokus

Alasan pertama penyebab kegagalan bisnis online yang harus pelaku usaha hindari adalah: Menawarkan banyak jenis produk yang tidak relevan satu sama lain. Ini bukan hanya akan membuat bisnis online jadi tidak punya ciri khas yang bisa diingat oleh customer, tapi juga jadi terlihat kurang terpercaya dan tidak kredibel.

CintaJamu.id adalah contoh bisnis online sukses, yang sejak awal fokus menjual produk kesehatan dengan bahan alami. Berkat konsistensinya menghasilkan berbagai macam produk dengan kualitas dan mutu yang terjamin, basis customer yang dimiliki terus berkembang dan kini produk yang ditawarkan selalu habis terjual dalam hitungan menit saja.

Maka dari itu pelaku usaha perlu menetapkan sejak awal terjun ke pasar eCommerce. Jika ingin menjual produk Kesehatan, fokuslah pada satu produk tertentu karena lebih baik fokus untuk menjual satu jenis produk, tapi terus berinovasi dan berkreasi untuk memberikan kualitas yang terbaik untuk tetap diminati oleh konsumen.

2. Tampilan Website Tidak Menarik

Faktanya, website dengan tampilan tidak menarik dan sulit untuk di navigasi akan ditinggalkan visitor dalam waktu kurang dari 30 detik saja! Selain itu, customer juga sangat memperhatikan faktor lain seperti foto produk, kemudahan pembayaran, sampai keamanan transaksi.

Coba cek website Most Festival, bisnis online yang fokus pada menyediakan berbagai event dan experience mulai dari Festival Musik, Festival Kuliner, Festival Fashion, Seni dan lain sebagainya. Ini karena mereka didukung oleh website buatan Nemolab yang sangat user-friendly serta memiliki fitur lengkap dan keamanan yang terjamin.

Sekarang cek tampilan website toko online kamu, apa sudah memiliki tampilan yang profesional dan punya fitur lengkap? Kalau belum, segera lakukan perbaikan agar customer semakin nyaman berbelanja.

3. Tidak Punya Keunikan

Di pasar eCommerce, bisnis online yang tidak punya keunikan akan sangat sulit untuk bersaing dengan kompetitor, termasuk dengan brand ternama yang sudah mempunyai basis customer yang besar dan loyal.

Meski sudah banyak bisnis yang menjual produk serupa, CintaJamu bisa sukses karena keunikan produk yang berbahan dasar herbal, Most Festival memberikan pengalaman unik untuk menghadiri event yang cukup 1 kali daftar, dan gedhong selalu diingat oleh para konsumen jika akan menyewa sebuah gedung.

Untuk membuat bisnis online kamu unik, temukan niche khusus lalu tawarkan produk dengan ciri khas yang berbeda dengan produk lain di pasaran. Pastikan kualitas produk dan brand kamu juga terwakili oleh kemasan yang kreatif dan inovatif.

4. Manajemen Keuangan yang Buruk

Bagi semua bisnis online, baik dengan anggaran besar maupun kecil, manajemen keuangan menjadi faktor penentu kesuksesan di masa depan. Salah satu penyebab kegagalan adalah terlalu banyak membeli stok produk, tapi terlalu berhemat dalam urusan marketing, sehingga akhirnya barang menumpuk tanpa ada yang membeli.

Solusi yang digunakan gedhong adalah dengan menggunakan platform aplikasi berbasis website yang memberikan laporan dari setiap gedung yang sedang disewakan. Ditambah dengan fitur manajemen produk yang bisa menyajikan data gedung yang tersedia untuk di sewa secara otomatis, gedhong bisa menggunakan semua data tadi untuk menentukan gedung mana saja yang diminati oleh para konsumen.

5. Kurangnya Traffic

Ini adalah alasan yang paling fatal, karena punyawebsite saja tidak akan membuat customer otomatis berdatangan untuk memborong produk yang kamu tawarkan. Meskipun sudah menawarkan produk berkualitas dan punya toko online super keren, tanpa traffic maka tidak akan ada yang membeli.

Untuk mendorong traffic, kamu perlu meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak calon pembeli potensial melalui promo dan marketing. Selain dengan Google Ads, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial dan sering mengikuti bazaar offline.

Selain banyak belajar dari perjalanan bisnis online yang sudah sukses, evaluasi performa bisnis secara rutin juga jadi salah satu kunci supaya bisnis online kamu selalu laris dan bisa bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website