Pentingnya Sistem Informasi Desa (SID) Untuk Kemudahan Pelayanan Desa

Pentingnya Sistem Informasi Desa (SID) Untuk Kemudahan Pelayanan Desa

Sistem Informasi Desa (SID) menjadi aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi para pegiat desa atau mereka yang membuat website desa. SID merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola informasi dan tugas kantor desa. SID dirancang untuk mendukung pelayanan di kantor desa. Lalu apa saja yang dikelola oleh SID? Dikutip dari github.com, data yang dikelola mulai dari data administrasi, kependudukan, pengelolaan anggaran hingga layanan publik lainnya. Karena fungsinya sebagai pengelola data desa, berikut tiga manfaat Sistem Informasi Desa :

Manfaat Sistem Informasi Desa (SID)

1. Proses pelayanan menjadi lebih  efisien dan valid

Pemerintah desa menjadi lebih mudah dan cepat dalam mencari data penduduk. Data penduduk yang sudah tersimpan juga bisa diisi secara otomatis. Kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat sesuai dengan yang diinginkan. Dengan begitu, program desa yang dicanangkan nantinya bisa tepat sasaran karena berbasis data. Bukan hanya data kependudukan, pelayanan cetak surat menyurat juga menjadi lebih cepat dan lebih spesifik.

2. Transparansi Desa

Segala informasi kegiatan desa yang dikerjakan, seperti laporan pertanggungjawaban desa, aset, anggaran dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat setempat. Dengan mendapatkan informasi tersebut, masyarakat menjadi lebih mau untuk ikut berpartisipasi dan mengawal kegiatan yang sedang direncanakan maupun sudah berjalan. Sehingga masyarakat dapat memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desanya. Hal ini memang sudah menjadi hak masyarakat setempat untuk mendapatkan fasilitas dari kantor desa berupa akses informasi yang dibutuhkan.

3. Pelaporan Kegiatan Pemerintah Desa

SID mempermudah laporan kegiatan pemerintah desa kepada masyarakat. Sebelum ada SID, laporan pemerintah desa sudah berjalan namun belum teroganisir seperti sekarang.  Dengan menggunakan SID, laporan yang diupload di media sosial akan secara otomatis terhubung dengan website desa. Sehingga laporan tersebut juga dapat dilihat oleh siapa saja tanpa harus berteman dengan akun sosial media desa atau akun pribadi milik kepala desa.

Dari tiga manfaat Sistem Informasi Desa di atas, menurutmu seberapa penting SID bagi kemudahan pelayanan desa? Kalau menurut Nemo, sangat penting. Nah, apakah desa kamu sudah memiliki website desa? Kalau belum, percayakan pembuatan website desa kamu di Nemo aja! Nggak perlu ragu lagi karna Nemo sudah terbukti sukses mengerjakan project berbagai website desa (lihat disini). Segera hubungi CS Nemo untuk info lebih lanjut di nomor 0811 2607 090 . Percayakan pembuatan website desa kamu di Nemo ya!

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart