Pentingnya Design Antarmuka

Dalam diagram SDLC, banyak tahap yang harus kita lewati agar sebuah perangkat lunak yang dibuat dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu tahap yang termasuk tahapan krusial adalah tahapan design, terlebih design dari antarmuka perangkat lunak yang akan dibuat.

Dalam men-design sebuah antarmuka perangkat lunak diperlukan banyak ilmu yang menunjang sehingga design tersebut dapat berjalan dengan semestinya dan sesuai dengan tujuannya. Seperti pemilihan warna latar dalam sebuah perangkat lunak yang sangat berpengaruh, beberapa warna berspektrum tinggi akan mengisyaratkan suasana yang berbeda dalam perangkat lunak yang kita buat. Oleh karena itu, kita tidak boleh salah dalam pemilihan warna tersebut, ada ilmu yang harus kita pelajari secara matang untuk bisa men-design sebuah antarmuka perangkat lunak yang optimal dan tepat guna.

Ilmu tersebut adalah ilmu UI/UX yang masuk dalam kategori ilmu HCI atau Human and Computer Interaction. Ilmu UI/UX sendiri tidak hanya ilmu berupa men-design sebuah antarmuka secara menarik. Melainkan terdapat ilmu ilmu tentang penempatan dan fungsionalitas dari sebuah komponen dalam design

Secara garis besar UI adalah sebuah ilmu yang mempelajari tata letak visual dari sebuah antarmuka perangkat lunak yang akan dibuat. Ruang lingkupnya dapat berupa text, gambar, layout ataupun beberapa komponen lain yang berinteraksi langsung dengan pengguna aplikasi. Di ilmu ini, designer akan lebih berfokus pada estetika dari antarmuka yang sedang dibuat. designer juga akan membuat karakter dari perangkat lunak yang dibuat dari setiap elemen dan warna yang digunakan.

Sedangkan UX adalah sebuah ilmu yang mempelajari sebuah visualisasi user flow menjadi sebuah produk yang baik secara estetika namun tetap optimal untuk digunakan. Seorang UX designer juga harus menemukan titik tengah antara sebuah design yang indah dan juga design yang mudah digunakan serta mudah untuk dimengerti oleh setiap penggunanya. Karena salah satu tanggung jawab utama dari seorang UX designer adalah menentukan sebuah antarmuka yang sedang mereka buat termasuk dalam kategori sulit atau mudah untuk digunakan oleh para pengguna.

Jadi ketika seorang UX designer sedang bekerja untuk membuat sebuah flow dari perangkat lunak, fungsi dari semua tombol yang ada, dan bagaimana sebuah antarmuka dapat secara efisien menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, di sisi lain seorang UI designer sedang bekerja bagaimana semua elemen yang sudah dipikirkan oleh UX designer dapat ditampilkan dalam antarmuka perangkat lunak dengan indah dan nyaman untuk dilihat.

Kombinasi yang ciamik antara pembuatan UI yang bagus dipadukan dengan ilmu UX yang tepat guna akan menghasilkan sebuah tampilan antarmuka yang yang sangat fungsional dan relevan dengan para pengguna.

Membahas soal design antarmuka, kami Nemolab juga bisa merancang antarmuka sebuah perangkat lunak dengan optimal dan tepat, sehingga antarmuka sebuah software pun nyaman dilihat dan mudah digunakan.
Yuk, buat perangkat lunak keinginanmu sekarang hanya di Nemolab.

Sumber 1, Sumber 2, thumbnail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website