Pentingnya Brand Awareness

Pentingnya Brand Awareness

Belakangan ini kata-kata “Brand Awarenes” lagi sering banget kita dengar. Brand awareness juga jadi sering dikait-kaitkan dengan media sosial. Karena memang, kita bisa lho mem-boostbrand awareness usaha kita dengan memanfaatkan media sosial.

Brand awareness sendiri adalah bagaimana seorang konsumen dapat mengenali atau menyadari dengan jelas suatu brand, hanya berdasarkan berbagai elemen. Bisa berupa nama, logo, slogan, hingga promosi-promosi yang brand tersebut lakukan.

Seberapa kuat konsumen mengenali suatu brand ini nantinya akan berperan besar pada keputusan mereka dalam membeli. Pertanyaannya, bagaimana upaya kita dalam membangun brand awareness dapat berhasil? Yuk, simak penjelasannya!

Tingkatan dalam Brand Awareness

1. Brand Recognition

Pada tingkatan ini, konsumen memiliki kemampuan untuk mengenali suatu brand ketika melihat produk yang dijual.

2. Brand Recall

Pada tahap ini, konsumen dapat mengingat brand berdasarkan kategori produknya. Misalnya, ketika menyebutkan sepatu, kamu mungkin akan langsung mengingat beberapa brand seperti Adidas dan Nike.

3. Top Of Mine Awareness

Di tahap ini, konsumen akan mengingat suatu brand sebagai produk yang terpikirkan pertama kali berdasarkan kategorinya. Misalnya, jika berbicara mengenai air mineral, merek Aqua pasti akan ada di top of mind banyak orang.

Lalu bagaimana cara meningkatkan Brand Awareness di Media Sosial?

Ini dia beberapa langkah yang bisa jadi bahan masukan untuk meningkatkan Brand Awareness di media sosial sebagai berikut:

  • Memilih Platform Media Sosial

Setiap platform media sosial memiliki keunggulannya masing-masing. Belum tentu bisnis yang kamu miliki bisa cocok di semua platform. Dan tentunya kamu pun tidak harus menggunakan semuanya. Coba pilih, kira-kira platform media sosial mana yang cocok dan sesuai dengan target pasar kamu. Coba cara ini, jika kamu menargetkan anak muda, Instagram adalah pilihan yang tepat. Kalau target kamu memiliki usia yang relatif lebih tua boleh jadi Facebook bisa menjadi platform yang cocok.

  • Optimalkan Akun Media Sosial

Langkah selanjutnya adalah bagaimana kamu melengkapi profil media sosial bisnismu agar konsumen bisa mendapatkan informasi dari situ. Paling tidak, harus ada tiga elemen yang harus kamu lengkapi. Pertama adalah profile picture. Kedua melengkapi deskripsi dari bisnismu. Ketiga, rincian kontak yang bisa dihubungi, bisa berupa nomor telepon ataupun email.

  • Buat Konten Yang Unik

Kamu nggak harus selalu fokus untuk memperkenalkan produk kamu secara terus-menurus. Ingat bahwa banyak orang yang follow kamu mengharapkan konten yang menarik. Nah, proses dari meramu konten ini merupakan bagian dari content marketing yang dibutuhkan dalam meningkatkan brand awareness. 

Sedikit Cerita lainnya