PENTINGKAH MELAKUKAN FACTORY RESET DI ANDROID?

Istilah factory reset bagi pengguna android tentunya sudah tidak asing lagi. Istilah ini identik dengan adanya kesalahan yang terjadi pada perangkat. Seperti namanya, factory reset merupakan suatu fitur untuk mengembalikan pengaturan pabrik. Sebagian orang merasa bahwa factory reset akan merugikan penggunanya karena data-data pribadi seperti kontak dan foto akan terhapus sehingga fitur ini banyak diabaikan.  Namun, perlu diketahui bahwa factory reset memiliki beberapa keuntungan bagi handphone. Apa sajakah keuntungan tersebut? Simak penjelasan berikut.

Ruang Penyimpanan Menjadi Longgar

Tentunya dengan ruang penyimpanan yang longgar, kita sebagai pengguna akan lebih nyaman ketika menggunakan handphone untuk bekerja.

Terhindar dari Virus dan Malware

Untuk menghindari handphone dari virus dan malware yang mengganggu pengguna maka diperlukan factory reset. Selain itu, hal tersebut diperlukan agar data-data penting di handphone dapat tetap terjaga.

Performa Android Menjadi Lebih Cepat

Kinerja android yang lambat tentunya akan menghambat pengguna dalam mengerjakan suatu tugas sehingga factory reset akan mengembalikan performa android menjadi lebih cepat seperti baru.

Membuang Aplikasi hingga Tuntas

 Walaupun kita menghapus sebuah aplikasi namun sebenarnya kita tidak benar-benar menghapus aplikasi tersebut hingga tuntas. Dengan factory reset, aplikasi akan dihapus tanpa sisa.

Menghapus File yang Tidak Berguna

Sama halnya dengan aplikasi, ada pula file yang tidak berguna kerap kali tersimpan secara otomatis. Belum lagi folder-folder tersembunyi sehingga diperlukan factory reset untuk menghapus file-file tersebut hingga tidak bersisa.

Install Aplikasi yang Diperlukan

Setelah melakukan factory reset, maka diharapkan Kamu dapat menginstall aplikasi yang sekiranya diperlukan saja. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga performa handphone.

Dari keuntungan-keuntungan tersebut tentunya kita sebagai pengguna dapat dengan bijak memanfaatkan fitur factory reset. Agar data-data kamu tidak hilang, maka lakukan back up data terlebih dahulu. Lalu berapakah idealnya handphone melakukan factory reset? Setiap perusahaan menganjurkan maksimal melakukan hal tersebut selama 3 kali saja. Jadi, jika memang tidak ada masalah yang benar-benar serius, lebih baik tidak melakukan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website