Pelatihan Web Desa: media promosi hingga keterbukaan publik

Pelatihan Web Desa: media promosi hingga keterbukaan publik

Tanggal 20 hingga 22 Desember 2018 lalu, sebanyak tiga desa di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal melakukan pelatihan operasional website desa.id. Didampingi oleh tim dari Nemolab, para perangkat desa belajar bagaimana cara mengunggah berita sampai mengubah infografis desa.

Sebagai salah satu syarat adanya transparansi, website menjadi cara paling ampuh untuk menginformasikan apa yang terjadi di desa. Karena dengan adanya website, segala informasi mulai dari sejarah, demografi, persyaratan layanan desa hingga laporan pertanggungjawaban dana desa dapat diakses dengan mudah. Tak hanya itu saja, potensi desa seperti wisata dan kuliner juga dapat terpublikasi dengan lebih luas.

Tiga desa yang mendapatkan pelatihan yaitu: Desa Pendawa, Lebaksiu Lor, dan Kambangan. Di Kecamatan Lebaksiu sendiri, tiga desa ini adalah yang pertama memiliki website. Harapannya, ini akan menjadi desa percontohan bagi desa lainnya agar tertarik untuk membuat website juga.

Tak hanya memudahkan para perangkat desa dalam melakukan transparansi, tetapi hal ini juga akan memudahkan warga. Sebagai contoh, apabila ada warga yang ingin memperbarui KTP atau KK bisa melihat persyaratannya di website. “Jadi warga juga tidak perlu repot datang (ke balai desa) untuk melihat persyaratannya, lalu pulang dan kembali lagi (ke balai desa). Belum lagi kalau ada (persyaratan) yang kurang”, ucap Aji, salah satu perangkat Desa Kambangan.

Perangkat desa perlu dilatih bagaimana teknis pengelolaan website tujuannya agar mereka tak tergantung pada tim dari Nemolab. Dan lebih jauh lagi, menumbuhkan rasa memiliki akan website ini untuk terus dirawat dan dijaga eksistensinya. Jangan sampai ketika tim Nemolab kembali ke Purwokerto, mereka tak lagi memandang website sebagai sesuatu yang perlu dipelihara dan diperbarui informasinya.

Nantinya apabila sistem telah berjalan baik, tak akan ada lagi warga yang kesulitan mengakses informasi. Terlebih lagi apabila pengelola website terus memperbarui kontennya, masyarakat akan tahu apa saja yang telah dilakukan desa dengan dana desa yang tak sedikit jumlahnya itu.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart