Optimalkan Website Dengan CMS

CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak atau sistem yang mengelola konten pada situs web. CMS digunakan untuk membangun website yang berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya. CMS memudahkan developer untuk membangun website lebih menarik dan cepat.

CMS dapat dimisalkan sebagai bumbu instan siap pakai. Sang koki tidak usah repot-repot menyiapkan bahan dan peralatan yang bermacam-macam. Perlu diketahui, dalam membangun website, developer menggunakan beberapa bahasa pemrograman yang bisa diatasi dengan mengunakan CMS.

Kehadiran CMS membuat instalasi, penggunaan dan pemeliharan website lebih mudah. Beberapa fungsi juga bisa di kustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Sehingga fungsionalitas dan desain pada situs web dapat mudah disesuaikan. Kalian juga bisa menggunakan template yang berasal dari CMS itu sendiri ataupun mengunduhnya secara gratis dan berbayar.

Mengenal CMS Terbaik untuk Website Anda

Ada banyak sekali CMS yang tersedia di internet. Kegunaannya pun bervariasi seperti untuk blog, e-commerce, dan sebagainya.

WordPress

CMS merupakan aplikasi open source yang digunakan untuk mengelola konten di situs web. Kalian bisa mengelola keseluruhan file, dokumen, serta desain dan tampilan konten. CMS menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Beberapa situs web terkenal seperti BBC Amerika dan Microsoft News Center menggunakan Wordpress. Fitur yang ditawarkan oleh WordPress cukup beragam, yaitu:

  • Pengelolaan artikel, seperti menulis, menghapus, dan membuat tag pada masing-masing postingan.
  • Users, mengelola tim seperti admin, penulis, editor, dan lainnya.
  • Menu pages, pada menu Home anda bisa melihat menu yang berjejer, pada menu pages kalian bisa menambahkan halaman lain yang mirip degan menu home.
  • Media, mengelola media seperti gambar dan tulisan secara bebas.
  • Pengelolaan komentar, meliputi menyaring komentar dan menghapus komentar yang tidak perlu.
  • Pengelolaan tema.
  • Plugin, kalian bisa menambahkan fitur-fitur SEO, custom page, SSL dan lain-lainnya.

Joomla

Meskipun tidak terlalu populer, CMS ini juga tidak kalah menarik. Joomla cocok untuk user lebih berpengalaman karena toolkit yang kompleks. Joomla cocok untuk penggunaan dengan desain yang powerful seperti website bisnis kecil, publikasi online, e-commerce dan pemesanan online, dan sebagainya.

Serupa dengan WordPress, fitur pada Joomla juga sudah dilengkapi dengan pluginserta akses pengelolaan konten.

Drupal

Drupal memiliki fitur yang lebih kaya tetapi manajemennya rumit sehingga tidak banyak digunakan oleh banyak orang. CMS ini meggunakan bahasa pemrograman php yang bisa dipasang di banyak database seperti MySQL, PostgreSQL, dan SQLite.

CMS ini bisa dikatakan cocok untuk kalian yang hobi otak-atik website karena kode pemrograman yang tinggi. Fitur dari Drupal serupa dengan CMS lainnya dengan berfokus pad a developer, manajemen konten, SEO friendly, dan keamanan terbaik.

Melalui CMS, kini membuat situs web menjadi lebih memungkinkan. Kalian hanya tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Di nemolab sendiri, kita memastikan bahwa layanan hosting domain website berkualitas dan terjangkau. Kami membuat berbagai jenis website untuk pembuatan company profile, website sekolah, toko online, dan website desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jl. Komisaris Bambang Suprapto No. 70, Cigrobak, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53114

0811-260-7090

info@nemolab.id

Tinggalkan Pesan

Copyright © 2020. All Rights Reserved by Nemolab