OneDrive vs Google Drive vs Dropbox. Pilih Mana?

OneDrive vs Google Drive vs Dropbox. Pilih Mana?

Adanya layanan cloud storage memang sudah lama dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan kita yang setiap harinya berkutat dengan komputer, baik untuk menyimpan data berupa dokumen, gambar maupun video. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja (fleksibelitas) menjadi alasan mengapa cloud storage masih sangat dibutuhkan hingga sekarang. Hingga saat ini terdapat tiga cloud storage yang banyak digunakan oleh masyarakat, yaitu Google Drive, OneDrive dan Dropbox. Diantara ketiga cloud storage terbesar di dunia tersebut, cloud storage mana yang sebaiknya digunakan?

One Drive

Apa kamu masih asing dengan layanan cloud storage ini? One Drive yang rilis pada tahun 2007 ini dibuat oleh Microsoft dan masuk dalam bagian layanan Windows Live. Sistem penyimpanan ini menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB dengan syarat mendaftar Microsoft akun terlebih dahulu.

Kelebihan

Selain penyimpanan gratis sebesar 5GB, kapasitas One Drive juga bisa diupgrade hingga 1 TB atau 1000gb tentu dengan biaya tambahan. Untuk aplikasi pendukungnya, One Drive sudah memiliki paket Office 365. Yang mana lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan Word, Excel, Power Point, OneNote, Outlook dan lainnya. Untuk OS, juga sudah bisa digunakan oleh OS berbasis android, Mac OS, Windows Phone, dan Windows.

Kekurangan

Layanan penyimpanan One Drive kurang maksimal jika digunakan untuk menyimpan data berupa foto – foto maupun video. Selain itu, terkadang juga dapat terjadi eror jika panjang path document lebih dari 256 karakter. Termasuk dibutuhkannya waktu yang lama jika mengupload file ukuran besar.

Google Drive

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna Google Drive? Layanan penyimpanan yang sudah ada sejak Bulan April 2012 ini memang menjadi salah satu layanan yang banyak digunakan . Tapi apa kamu sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari Google Drive?

Kelebihan

Kapasitas penyimpanan gratis yang disediakan oleh Google Drive ini memang terbilang cukup besar, yaitu 15GB. Kapasitas penyimpanan sebagai pengguna perlu membayar dan bisa diupgrade hingga 30TB dan didukung dengan Google Dokumen. Jenis file yang didukung juga sudah banyak, diantaranya gambar, video, ilustrator, photoshop dan masih banyak lagi. Terdapat sekitar 30 macam format file yang dapat dibuka oleh Google Drive secara langsung melalui browser. Google Drive juga sudah tersedia di Windows, Ios, Mac OS dan Android.

Kekurangan

Layanan penyimpanan satu ini sangat bergantung sekali dengan jaringan internet. Jadi jika kamu sedang mengunggah file di Google Drive pastikan akses internet yang kamu gunakan lancar.

Dropbox

Layanan cloud storage yang terakhir ini dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan One Drive. Berbeda dengan Google Drive dan OneDrive, Dropbox lebih fokus berkembang dalam layanan standalone, sehingga fitur yang ditawarkan juga tidak sebanyak dua layanan sebelumnya.

Kelebihan

Dropbox sebagai media penyimpanan memiliki fitur file sharing dengan direct download dengan kapasitas storage sebesar 2GB (Dropbox versi gratis). Kamu juga bisa mendapatkan tambahan dengan range 0,5 GB hingga 16GB. Kemudahan sinkronasi dan dari segi keamanan dropbox memberikan layanan keamanan dua langkah.

Kekurangan

Kapasitas penyimpanan 2GB terbilang kecil untuk media penyimpanan. Selain itu, untuk mendapatkan kapasitas 16GB, kamu harus mereferensikan akun kamu dan mendapatkan akun pendaftar baru hingga 32 orang.

Jadi, layanan storage mana yang akan kamu gunakan? Karena kebutuhan penyimpanan setiap orang berbeda – beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhanmu, ya.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart