Mengenal UI dan UX

UI dan UX adalah kedua hal yang sangat berpengaruh dalam ketertarikan dan kenyamanan pengguna aplikasi atau pengunjung website anda. Oleh karena itu sebelum memiliki sebuah website atau aplikasi, anda perlu mengenal kedua istilah ini.

UI adalah singkatan dari User Interface atau antarmuka pengguna yaitu desain antarmuka untuk mesin dan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna. Sehingga dapat disimpulkan bahwa UI adalah tampilan atau desain dari sebuat website atau aplikasi.

Sementara UX adalah singkatan dari User Experience atau pengalaman pengguna yaitu proses meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi atau pengunjung website, dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX Desain dapat juga diartikan sebagai proses membuat sebuah website atau aplikasi yang anda buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan ketika digunakan oleh pengguna.

Munculnya istilah UI dan UX adalah dari perkembangan teknologi yang mendorong adanya istilah baru yang lebih universal. Sebelum penggunaan smartphone kian marak, perusahaan teknologi masih berfokus kepada produk digital dalam bentuk website. Oleh karena itu, istilah web design masih sangat relevan pada saat itu. Dengan bertambah banyaknya penggunaan maka semakin tinggi juga kebutuhan akan keahlian desain khusus visual layar digital yang mencakup semua jenis web, aplikasi dan lain-lain.

Perbedaan dari UI dan UX adalah UI lebih berfokus pada visualisasi, coloring, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas dari interface yang akan digunakan oleh user. Sehingga ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design.  Visualisasi adalah kunci dari UI design sehingga bertujuan untuk menciptakan tampilan interface yang menarik.

Sedangkan UX memiliki ranah yang lebih luas dari UI, karena ranah UX ini dimulai dengan riset pasar hingga implementasi kedalam sebuah interface. UX berfokus pada perancangan dan menjembatani bagaimana sebuah tampilan nanti dapat bekerjasama dengan sistem. Oleh karena itu UX designer harus mengeksplorasi lebih dalam untuk memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Sehingga memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas, memahami bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user adalah tanggung jawab dari seorang UX designer.

Mengenal UI dan UX adalah hal penting sebelum merancang sebuah website atau aplikasi. Karena tampilan secara visual dan kebutuhan dalam website atau aplikasi tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website yang dapat diandalkan dan terpercaya, maka nemolab adalah pilihan yang tepat. Selain jasa pembuatan website, nemolab juga memberikan jasa software development, domain dan hosting, mobile apps development serta pelatihan IT.

Sumber 1

Sumber 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website