Mengenal Malware dan Cara Menghindarinya

Pada bulan Maret lalu, Google menyebutkan bahwa terdapat 18 juta malware selama pandemi virus Covid 19. Malware tersebut didistribusikan melalui pesan spam terkait dengan pemberitaan virus Covid 19 di seluruh dunia pada setiap harinya. Malware atau Malicious Software adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan yang tidak diinginkan terhadap sistem komputer.

Malware dipasang dipasang tanpa sepengetahuan pemilik perangkat tersebut dengan tujuan mengganggu fungsi computer, mencuri data, melewati kontrol akses, menyebabkan kerusakan pada aplikasi atau data computer host. Malware terdiri dari berbagai macam perangkat lunak berbahaya yang dapat menganggu operasional perangkat anda, mencuri infromasi, mengizinkan akses pada system dan menyebabkan freezing dan crashing secara berkala.

Untuk dapat melakukan berbagai kerusakan dan pencurian data pada perangkat anda, malware terdiri dari beberapa jenis. Dilansir dari University Of Massachusetts Amherst, terdapat 5 jenis malware yaitu :

1. Virus

Virus yang mana diketahui sebagai bentuk malware yang memiliki potensi paling besar untuk merusak. Virus dapat melakukan apapun mulai dari menghapus data perangkat hingga membajak perangkat dengan menyerang sistem, mengirim spam dan meyebarkan konten illegal.

2. Spyware

Spyware dapat mengumpulkan informasi personal dan menyebarkannya tanpa sepengetahuan dan persetujuan anda kepada pihak ketiga yang memiliki kepentingan. Spyware juga dapat mengunduh virus trojan.

3. Adware

Adware adalah iklan yang akan muncul pada layer perangkat ketika anda sedang online.

4. Fake security software

Perangkat lunak keamanan palsu ini dapat terlihat sebagai software terpercaya untuk mengelabui anda. Hal ini dilakukan akan fake security software dapat membuka sistem perangkat anda untuk melakukan kerusakan, memberikan informasi personal atau melakukan pembayaran untuk pembersihan yang tidak penting bahkan dapat merusak perangkat anda.

5. Browser hijacking software

Perangkat lunak pembajak ini dapat mengubah setelan browser anda seperti homepage dan toolbar, memunculkan iklan pada layer dan membuat shortcut baru pada desktop. Selain itu browser hijacking software dapat memberikan informasi personal anda kepada pihak ketiga.

Dari berbagai macam jenis malware yang dapat merusak atau mencuri data, selalu ada cara untuk mencegah dan menjaga sistem perangkat anda. Berikut adalah tips untuk menghindari sistem perangkat anda dari berbagai jenis malware :

1. Menginstall anti-virus dan perangkat lunak firewall

Anti virus dan firewall akan meningkatkan keamanan computer anda. Gunakanlah anti virus yang dapat menjaga perangkat anda dari virus, trojan, worm, adware dan spyware. Selain itu anda juga perlu menggunakan anti virus setiap hari dan mengatur firewall untuk mencegah infeksi malware.

2. Memperbaharui perangkat lunak dan system operasi

Pastikan bahwa perangkat lunak dan system operasi anda selalu dalam versi dan vulnerability patches yang terbaru. Patches atau tambahan ini di desain untuk memperbaiki kekurangan atau ketidaksempurnaan yang bisa dieksploitasi oleh penjahat cyber.

3. Gunakan peringatan saat mengunduh atau membuka file

Penjahat cyber biasanya membuat malware pada file, program dan lampiran yang muncul dalam bentuk yang familiar. Oleh karena itu anda harus verifikasi sumber dan menggunakan peringatan pada saat mengunduh atau membuka file, program atau lampiran.

4. Menghindari iklan yang muncul

Selalu hindari memencet iklan yang muncul pada layer perangkat anda. Jika anda memencet iklan atau pop ups pada layar anda, maka malware bisa saja ter-install menjadi sistem yang dapat membajak browser dan mencuri informasi personal anda. 

Dengan mengetahui pengertian dan jenis malware serta cara mencegahannya, maka sekarang anda dapat lebih waspada dengan kejahatan cyber yang ada. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website yang dapat diandalkan dan terpercaya, maka nemolab adalah pilihan yang tepat. Selain jasa pembuatan website, nemolab juga memberikan jasa software development, domain dan hosting, mobile apps development serta pelatihan IT.

Sumber 1

Sumber 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website