Mengembangkan Aplikasi Android dengan Dasar Pemrograman

Membuat aplikasi Android  belum tentu sulit. Jika Anda tidak terlalu ambisius, Anda dapat memecah prosesnya menjadi beberapa langkah sederhana dan menghindari diri Anda terlalu berlebihan dalam sekali jalan. Triknya adalah membuat aplikasi pertama Anda relatif sederhana dan fokus pada pembuatan sesuatu.

Berikut Langkah-Langkahnya Untuk Memulai!

Dalam posting ini, Nemolab akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya dalam 7 langkah sederhana. Kami akan mulai dari awal dan ide awal, hingga mengunggah aplikasi Anda ke Play Store.

1. Membuat Ide

Anda dapat memulai, Anda jelas perlu memiliki gambaran tentang apa yang akan Anda buat. Bekerja menuju sebuah proyek membuat belajar lebih mudah karena itu menciptakan konteks dan arah. Jadi langkah pertama Anda adalah ide – menghasilkan konsep aplikasi yang keren. Tujuannya di sini bukanlah untuk menjadi Mark Zuckerberg berikutnya dengan ide yang mengubah dunia. Alih-alih, tujuannya harus menciptakan sesuatu yang sesederhana mungkin namun tetap menyenangkan / menarik. Jangan membuatnya terlalu membosankan sehingga Anda tidak ingin membuatnya, tetapi cobalah untuk menghindari fungsi yang rumit sejauh mungkin. Idealnya, aplikasi hanya akan membutuhkan satu ‘layar’ (aktivitas) dan akan melibatkan beberapa interaksi sederhana sehingga terjadi sesuatu saat pengguna menekan tombol. Anggap saja sebagai tantangan untuk membuat sesuatu yang benar-benar berguna dengan jumlah kode yang minimum.

2. Menggambar Wireframe

Sekarang Anda tahu apa yang ingin Anda buat, Anda harus membuat wireframe dasar untuk aplikasi tersebut. Wireframing adalah sebuah kerangka yang berfungsi untuk membuat tata letak suatu website agar sesuai dengan keinginan klien sebelum masuk ke proses desain atau coding. Proses wireframing biasanya dilakukan oleh seorang UI Designer dengan memanfaatkan software desain khusus wireframe atau coretan kertas secara manual. Ini berarti menggambar peta layar individu (jika Anda ingin memiliki lebih dari satu), tombol, dan grafik apa pun yang akan Anda gunakan (seperti logo, gambar, latar belakang, dll.). Ini akan memberi Anda garis besar yang bagus untuk semua yang perlu Anda buat.

3. Memilih dan menyiapkan IDE (Integrated Development Environment)

Langkah selanjutnya adalah memilih IDE dan bahasa pemrograman Anda. IDE adalah ‘Lingkungan Pengembangan Terpadu’ Anda; sebuah perangkat lunak yang menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk mengembangkan aplikasi Anda. Perangkat lunak ini akan menyediakan jendela tempat Anda memasukkan kode, itu akan memeriksa dan memformatnya saat Anda mengetik dan akan mengumpulkan semuanya untuk Anda saat Anda siap untuk mengujinya atau menerbitkannya. IDE bukanlah bahasa pemrograman itu sendiri, jadi bergantung pada metode yang Anda gunakan, Anda juga perlu mengunduh Software Development Kit, yang berisi kompiler untuk bahasa pemrograman itu sendiri. Jangan khawatir tentang itu, cukup ikuti langkah-langkah yang diuraikan dan semuanya akan ditangani untuk Anda.

4. Mempelajari dasar-dasar Java

Mempelajari sedikit Java pasti akan bermanfaat. Tidak perlu menjadi wizard pengkodean pada tahap ini, tetapi Anda setidaknya harus tahu seperti apa pemformatannya dan Anda harus terbiasa dengan beberapa konsep sederhana seperti variabel, kelas, dan pernyataan bersyarat.

 5. Membuat atau memperoleh gambar/logo

Selanjutnya kita akan kembali melakukan sesuatu yang lebih mudah dan menyenangkan. Anda harus tahu persis jenis bahan apa yang Anda inginkan berdasarkan gambar rangka Anda dan itu akan mencakup hal-hal seperti ikon, logo, dan latar belakang.

6.  Menulis kode

Sekarang sampai pada bagian yang lebih menantang – menambahkan kode. Anda tahu dasar-dasar Java dan widget / tampilan Anda sudah siap. Sekarang Anda akan membuka file Java untuk aktivitas utama Anda dan cukup membuat beberapa peristiwa ‘onClick’ untuk menambahkan kode yang akan berjalan hanya ketika pengguna mengklik tombol tertentu atau melakukan tindakan tertentu.

7. Mempublikasikan aplikasi anda

Setelah anda telah menyelesaikan tahapan-tahapan diatas, Anda dapat langsung mempublikasikannya di Google Playstore ataupun Appstore lainnya. Perlu diketahui bersama bahwa Nemolab juga memberikan pelayanan kepada Anda untuk membuat aplikasi. Jika berminat untuk membuat aplikasi jangan lupa singgah ya teman-teman. Kalian juga bisa mencari Nemolab di berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website