Menakar Keberhasilan Website dengan Google Analytics

Menakar Keberhasilan Website dengan Google Analytics

Tak perlu menjadi sebuah institusi yang besar untuk memiliki sebuah website. Bisnis skala UMKM maupun personal juga bisa. Namun, bagaimana cara kita mengidentifikasi apakah website kita telah berhasil atau masih perlu untuk ditingkatkan lagi? Kalau Anda terbiasa untuk mengelola website, kini saatnya untuk mengeksplorasi Google Analytics.

Google Analytics menjadi salah satu tools yang wajib dimiliki oleh para pemilik website. Ada beberapa data yang dapat diakses. Diantaranya:

  • Data Pengguna

Kita bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website  dalam kurun waktu tertentu. Hari ini, kemarin, 7 hari, 14 hari, maupun 30 hari. Kita juga bisa melihat berapa banyak pengunjung baru, pengunjung tetap, dan rata-rata jumlah sesi yang dibuka per pengunjung. Data disajikan dalam bentuk angka maupun kurva

  • Rasio pentalan (bounce rate)

Rasio pentalan adalah banyaknya (dalam persen) pengunjung website yang membuka suatu halaman lalu keluar tanpa memicu adanya permintaan lain ke Analytics. Atau bahasa sederhananya adalah, pengunjung yang hanya membuka halaman namun langsung menutupnya (close) kembali. Semakin kecil angkanya, semakin “betah” pengunjung berlama-lama di situs tersebut. Namun menurut keterangan yang diberikan di laman Google Analytics, tak selamanya rasio pentalan tinggi berarti buruk. Tergantung seperti apakah tipe website Anda. Apakah Anda berharap pengunjung berlama-lama scrolling di beranda Anda atau laman Anda hanyalah pengantar bagi pengunjung untuk masuk ke laman yang lain?

  • Saluran traffic

Di menu ini, kita akan tahu dari mana pengunjung mengakses website kita. Apakah melalui tautan, sosial media, mesin pencari, atau website lain. Sehingga Anda bisa tahu, saluran mana yang perlu untuk ditingkatkan penggunaannya.

Masih ada banyak sekali data yang dapat diakses selain empat poin di atas. Nantikan unggahan kami selanjutnya untuk mengetahui lebih banyak tentang Google Analytics!

credit photo: goodbarber.com

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart