Membangun Startup: 4 kunci yang harus diperhatikan

Membangun Startup: 4 kunci yang harus diperhatikan

(30/11) Anak muda selalu identik dengan dunia yang serba digital. Startup salah satunya. Bertempat di Paschalis Hall, Pri Anton Subardio membagi ilmu dan pengalamannya berkecimpung di dunia startup. “Ada 4 hal penting yang perlu diperhatikan kalau mau membangun startup. Tim, produk, pemasaran, dan hak paten”.

Tim yang solid adalah tim yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Kalau dimulai dari tim saja tidak solid, tentu akan sulit untuk maju dan berkembang ke depannya.

Setelah tim siap, rilis produk segera. “Pilihannya ada dua: mau kita yang meluncurkan (produk itu) atau menunggu kompetitor melakukannya” ucap pria 28 tahun ini.

Untuk memastikan produk kita laku di pasar, kita perlu memasarkannya. Ada banyak cara melakukan pemasaran. Dari mulai yang gratis sampai berbayar. Teknik pemasaran ditentukan oleh seberapa besar perusahaannya. Apabila masih dalam entry level, blog dan SEO dapat menjadi alternatif murah dan efektif. Bila telah lebih berkembang, opsi crowd funding bisa dipilih. Yang terakhir dan kerap terlupakan, hak paten.  Apa yang akan Anda lakukan tanpa hak paten kalau produknya tiba-tiba diklaim tanpa ijin?

Para peserta sangat antusias mendengarkan paparan dari pembicara yang akrab dipanggil “Mas Anton”. Harapannya, para mahasiswa teknik yang menjadi peserta, tertarik untuk berkontribusi dalam dunia startup. Sesuai dengan tema acara ini: create your startup that useful for the future.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart