Martabak Asin Khas Lebaksiu: Kelezatan dari Tanah Tegal

Martabak Asin Khas Lebaksiu: Kelezatan dari Tanah Tegal

Sepertinya hampir setiap orang Indonesia pasti pernah makan martabak asin. Siapa yang bisa menolak kelezatan daging cincang dengan telur bebek dan daun bawang berbalut kulit yang renyah?

Bukan hal yang sulit untuk menemukan martabak. Makanan gurih ini pun mudah dijumpai di banyak kota di Indonesia. Namun apakah Anda tahu martabak asin berasal dari Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal?

Cerita akan asal usul martabak memang memiliki banyak versi. Ada yang mengatakan, dulu sekumpulan orang dari Lebaksiu merantau ke India. Ketika pulang, mereka menjelajah Indonesia dengan berjualan martabak. Sejak itulah martabak mulai dikenal luas.

Ada pula sumber lain yang mengatakan, sekitar tahun 1930an beberapa pemuda Lebaksiu merantau ke luar daerah untuk berjualan makanan, seperti Semarang. Di sana, salah satu pemuda berkenalan dengan seseorang dari India. Setelah mereka menjalin pertemanan, datanglah mereka berdua ke Lebaksiu. Di sanalah keahlian membuat martabak mereka dapatkan. Namun katanya, martabak di zaman itu memiliki perbedaan rasa dengan martabak yang kini kita jumpai.

Nah apabila Anda mencoba martabak langsung di Kecamatan Lebaksiu, disediakan pula bumbu seperti kuah kari sebagai saus pelengkap. Rasanya yang gurih asin sangat pas dipadukan dengan renyahnya martabak. Sausnya kurang lebih mirip dengan kuah roti canai asin. Jangan lupa meikmati martabak khas Lebaksiu apabila Anda sedang berkunjung ke daerah Tegal.

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart