Mari Ketahui Seluk Beluk HTML

Sumber gambar : pngtree.com

Berbicara mengenai dunia digital, rasanya kurang lengkap jika tidak membicarakan mengenai HTML. Kata yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna internet terutama bagi kaum programmer. Lalu sebenarnya apa itu HTML? Bagaimana cara menggunakannya? oleh karena itu, mari kita bahas seluk beluk dan informasi selengkapnya.

Pengertian

HTML yang merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah serangkaian kode program yang merupakan dasar dari representasi visual sebuah halaman Web. Didalamnya berisi kumpulan informasi yang disimpan dalam tag-tag tertentu, dimana tag-tag tersebut digunakan untuk melakukan format terhadap informasi yang dimaksud.

Berbagai pengembangan telah dilakukan terhadap kode HTML dan telah melahirkan teknologi-teknologi baru di dalam dunia pemrograman web. Kendati demikian, sampai sekarang kode tersebut tetap berdiri kokoh sebagai dasar dari bahasa web seperti PHP, ASP, JSP dan lainnya. Bahkan secara umum, mayoritas situs web yang ada di Internet pun masih tetap menggunakan sebagai teknologi utama mereka.

Sejarah

HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990 ciptaan Tim Berners-Lee tersebutmengalami perkembangan yang sangat pesat. Setiap pengembangan pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Sebelum disahkan sebagai suatu dokumen HTML standar, harus disetujui dulu oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat. Setiap terjadi perkembangan suatu versi HTML, maka mau tak mau browser pun harus memperbaiki diri agar bisa mendukung kode-kode yang baru tersebut. Sebab jika tidak, browser tak akan bisa menampilkannya.

Penggunaan

Eksetensi dari file HTML umumnya *.htm atau *.html yang juga bersifat Multi Platform (dapat berjalan pada sistem operasi apapun). Selain itu, sebagai Markup Language tentu saja mengandung tag tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Tag adalah kode yang digunakan untuk me-mark up teks ASCII menjadi file HTML. Setiap tag diapit dengan tanda kurung runcing. Ada tag pembuka yaitu <HTML> dan ada tag penutup </HTML> yang ditandai dengan tanda slash (garis miring) di depan awal tulisannya. Tag tersebut memberikan kaidah bahwa yang ditulis di antara kedua tag tersebut adalah isi dari dokumen HTML. Dalam membaca teks tersebut tidak harus membaca dokumen tersebut secara berurutan dari atas kebawah, tetapi dapat secara langsung ke topik tertentu dengan mengunakan Link (teks penghubung).

Ingin membuat website? Namun masih bingung dengan pemrogramannya. Tidak perlu khawatir, Nemolab hadir membantu mu mewujudkan keinginan tersebut. Nemolah menyediakan jasa pembuatan website yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi Nemolab

Sumber referensi

  1. Jurnal Manajemen Informatika
  2. Jurnal IT
  3. e-Journal TEKNOIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website