Maksimalkan Bisnis Online Dengan Search Engine Marketing (SEM)

Seacrh Engine Marketing (SEM) adalah salah satu bentuk pemasaran di internet yang nantinya berguna untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Singkatnya, seorang marketer dapat dapat membeli keyword yang mereka inginkan untuk menampilkan website yang dimiliki. Lalu apa keuntungan dari SEM ini? Search Engine Marketing dapat menghasilkan hasil yang cepat dengan cara men-target audience yang sudah tertarik dengan produk, informasi atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.

Perbedaan dengan SEO

Perbedaan SEO dan SEM terletak dalam hal pembayaran. Anda yang menggunakan SEM harus membayar ke mesin pencarian, seperti Bing, Google ataupun Yahoo untuk setiap iklan yang Anda miliki. Berbeda dengan SEO yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mesin pencarian. SEO merupakan optimasi supaya website bisa muncul di halaman pertama Search Engine.

Sistem Kerja SEM

Search engine menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik. Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing:

  1. Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing contohnya Google Adwords, Bing, dan Yahoo Gemini.
  2. Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
  3. Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
  4. Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
  5. Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Manfaat SEM untuk Bisnis Online

Manfaat penggunaan SEM bagi seorang pebisnis online, yakni:

  1. Meningkatkan conversion

Di SEM kita bisa menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi sehingga pengunjung yang masuk ke website pun akan jauh lebih banyak.

  • Meningkatkan brand awereness

SEM bisa meningkatkan brand awereness lebih tinggi yakni sampai 80% dibandingkan SEO. Meskipun tidak sampai diklik, orang tetap bisa melihat iklan di hasil pencarian yang mereka temui. Sehingga ini akan membuat pengunjung lebih mengingat seperti apa merek atau brand yang Anda miliki saat sedang mencari keyword tertentu atau yang serupa.

  • Biaya penggunaan bisa disesuaikan dengan budget yang ada

Ada banyak pilihan paket yang bisa dipilih sesuai dengan kantong Anda. Jika budget Anda pas-pas an, bisa memilih paket dengan kualitas standar. Apabila budget Anda besar maka bisa memilih paket yang lebih besar dan hasil yang lebih memuaskan.

  • Efektif untuk menjangkau pelanggan lokal

Jika Anda punya target marketing pelanggan lokal, menggunakan search engine marketing lebih menjanjikan dibanding promo secara fisik. Tidak heran karena mempunyai conversion rate yang lebih tinggi, SEM ini memungkinkan untuk menargetkan audiens yang lebih dekat dengan perusahaan Anda.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan SEM ini akan sangat menguntungkan bagi pebisnis online baik itu untuk meningkatkan conversion, brand awereness maupun kefektifitasannya dalam menjangkau pasar lokal. Oleh karena itu, Yuk! Mulai pelajari dan gunakan SEM di bisnis Anda guna meningkatkan profit sebesar-besarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website