Makin Canggih, Inilah Teknologi Baru di Dunia Sepak Bola

VAR (Video Assistant Refree) merupakan teknologi terbaru di dunia sepakbola, teknologi ini adalah untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan dari gol, penalti, dan kartu merah kepada pemain di lapangan. Sepak Bola merupakan olahraga terpopuler di dunia, akan tetapi sering kali wasit memberi keputusan yang salah terhadap gol, penalti, kartu merah, dan kesalahan identitas. Maka dari itu teknologi VAR muncul untuk membuat keputusan yang benar. Melalui headset nirkabel, mereka berkomunikasi dengan wasit, memberi tahu mereka tentang insiden yang mengubah permainan.
    
      Sejarah Teknologi Video Assistant Referee (VAR) diciptakan oleh proyek Refereeing 2.0 pada awal 2010-an, di bawah arahan Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB). Teknologi VAR juga digunakan pada Piala Dunia FIFA U-20 di Korea Selatan pada tahun 2017. FIFA secara resmi menyetujui penggunaan VAR untuk Piala Dunia FIFA 2018. Turnamen ini menjadi kompetisi pertama yang menggunakan VAR secara penuh (di semua pertandingan dan di semua tempat) turnamen.

Langkah-langkah yang terlibat dalam keputusan VAR adalah sebagai berikut;

LANGKAH 1: Insiden terjadi :

Wasit menginformasikan VAR, atau VAR merekomendasikan kepada wasit bahwa keputusan / insiden harus ditinjau ulang.

LANGKAH 2: Review dan saran oleh VAR :

Rekaman video ditinjau oleh VAR, yang memberi tahu wasit melalui headset apa yang ditampilkan video tersebut.



LANGKAH 3: Keputusan atau tindakan diambil :

Wasit memutuskan untuk meninjau rekaman video di sisi lapangan permainan sebelum mengambil tindakan / keputusan yang sesuai, atau wasit menerima informasi dari VAR dan mengambil tindakan / keputusan yang sesuai.

       VAR mungkin mengambil keputusan dengan benar (atau tidak) dan digitalisasi mungkin membuat sepak bola lebih menguntungkan sambil meningkatkan kinerja pemain dan taktik manajer. Namun “kemajuan” seperti itu juga mengancam akan menghambat keseruan dan semangat permainan. Ketakutannya adalah seiring kemajuan teknologi yang tiada henti terus berlanjut, sepak bola mungkin akan kehilangan keajaiban yang membuatnya begitu istimewa.


     Coba bayangkan tidak adanya teknologi VAR dalam olahraga sepak bola, maka bakal terjadi keributan yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak klub dan kedua pihak penggemar. Teknologi ini ada kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya membantu wasit dalam mengambil keputusan yang janggal dan membantu berjalannya kompetisi sepak bola lalu kekurangganya menghambat keseruan supporter dan semangat permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website