Lima Aplikasi Favorit Sobat WFH

“Work From Home”, istilah ini tidak asing lagi bagi masyarakat. Konsep WFH sendiri tidak jauh berbeda dengan aktivitas bekerja pada biasanya, yang membedakan hanya pada ruang. Sebagaimana Work From Home biasanya dilakukan oleh para pegawai dengan mengandalkan teknologi sepenuhnya, baik dalam berkomunikasi yang melibatkan mereka sebagai kolega ataupun hubungan informal.

Komunikasi yang terjalin dengan fitur video konferensi tidak sebatas untuk pekerja yang notabene melakukan WFH, komunikasi informal pun bisa memanfaatkan teknologi tersebut. Video konferensi menjadi salah satu aset penting bagi perusahaan agar terus berjalan. Banyak aplikasi yang sudah menyediakan fitur video konferensi dengan fitur-fitur menarik lainnya, mulai dari tampilan, operasional, serta pengaturan lainnya yang membuat masing-masing aplikasi mempunyai keunggulan.

  1. Zoom

Aplikasi ini sering digunakan oleh masyarakat karena pengoperasiannya yang mudah, serta fitur yang disediakan banyak. Tidak kalah lagi Zoom menyediakan aplikasi gratis dengan terbatas waktu dan kuota peserta, tetapi Zoom membebaskan akses waktu bagi pengguna pertama. Untuk menambah kuota peserta serta durasi di selanjutnya, Zoom mengusahakan agar pemilik akun membayar untuk merasakan fasilitas. 

Pada aplikasi ini juga pemilik bisa mengirimkan pesan kepada personal. Berbeda dengan aplikasi lain yang mana pengguna hanya bisa mengirimkan pesan yang dapat dibaca oleh seluruh partisipan. Selain itu juga terdapat fitur beauty dan filter wajah lainnya yang menunjukkan Zoom tidak hanya diperuntukkan bagi kepentingan formal.  Tetapi Zoom sebagai aplikasi krusial sempat mengalami permasalahan yang mana melibatkan data pelanggan. Tetapi hal tersebut tidak membuat masyarakat berpindah ke laptop.

  1. Google Meet

Salah satu produk Google yang banyak digunakan ini mempunyai keunggulan lebih dibandingkan aplikasi lainnya. Google menyatakan bahwa Google Meet masih digratiskan hingga nanti Maret 2021. Selain gratis, aplikasi ini muat menampung 100 peserta yang mana kapasitas tersebut akan dikenakan cas apabila pada aplikasi lain.

Google Meet cukup mudah digunakan baik secara registrasi, membuka ruangan video konferensi, hingga proses masuknya peserta. Aplikasi ini biasanya tidak memerlukan pengunduhan kembali, karena fitur Google Meet tersedia di browser. Sejauh ini tidak ada keluhan terkait penggunaan Google Meet dari segi privasi data, menandakan bahwa Google menjaga keamanan pengguna secara ketat.

  1. Microsoft Teams

Aplikasi video konferensi ini tidak dapat diragukan kembali, yang mana aplikasi ini dijamin oleh Microsoft. Uniknya Microsoft Teams menampilkan visual seolah-olah peserta berada di suatu ruangan. Keunikan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta, membawa suasana kantor secara daring lebih hidup. Seperti aplikasi sebelumnya, Microsoft Teams juga dapat diakses melalui browser tanpa harus mengunduh aplikasi. Selain itu juga Microsoft Teams dapat mengirim foto, video, hingga dokumen via chat. 

Mengobrol via teks melalui aplikasi ini juga tambah menarik, karena Microsoft sendiri menyediakan stiker dan gif di forum obrolannya. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna juga dapat mencari percakapan yang dimaksud melalui fiturnya. Keamanan dari aplikasi ini sudah terjamin di bawah Microsoft.

Ketiga aplikasi ini sangat memudahkan perusahaan menjaga kinerja karyawannya. Walaupun terbatas dengan jarak, selalu ada cara menyatukannya. Penggunaan teknologi pada dasarnya memudahkan manusia, perkembangannya pun mengikuti kebutuhan masyarakat. Maka dari itu tidak ada halangan lagi yang mengganggu aktivitas Work From Home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website