Kelola Konten Website Anda Dengan CMS!

Content Management System atau CMS adalah Software Aplikasi yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web untuk mengatur konten digital yang ada pada website. CMS merupakan situs web yang menerapkan sistem yang berorientasi terhadap konten. CMS digunakan karena memiliki segudang manfaat untuk website anda yaitu manajemen data, mengatur siklus hidup website, mendukung web templating dan standarisasi, personalisasi, sindikasi dan akuntabilitas.

Pada umumnya sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen yaitu Content Management Application atau CMA dan Content Delivery Application atau CDA. Elemen CMA digunakan untuk mengelola konten yang mungkin tidak memiliki pengetahuan mengenai HTML untuk mengelola pembuatan, pengubahan, dan penghapusan isi dari suatu situs web tanpa perlu memiliki keahlian sebagai seorang webmaster. Elemen CDA menggunakan dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh pemilik situs web untuk memperbaharui situs web tersebut.

Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda. Walaupun begitu, kebanyakan dari perangkat lunak ini memiliki fitur publikasi berbasis Web, manajemen format, kontrol revisi, pembuatan indeks, pencarian, dan pengarsipan. Berikut adalah rekomendasi platform CMS yang dikhususkan untuk membangun website yang powerful, yaitu

1. WordPress

WordPress menawarkan kemudahan yang user-friendly sehingga anda tidak akan kesulitan untuk membuat halaman dan postingan baru. Selain itu WordPress juga memiliki akses ke powerful editor yang memungkinkan anda untuk memformat konten. Platform ini juga menawarkan registrasi user, informasi update secara tertur, dan komunitas besar yang sangat membantu.

2. Joomla!

Jika anda ingin mengelola banyak custom post type, Joomla merupakan  opsi terbaik. Sehingga Joomla adalah pilihan yang tepat apabila anda ingin menjalankan website yang tidak sepenuhnya berfokus pada konten teks. Selain itu Joomla juga menawarkan berbagai opsi terkait pengelolaan atau manajemen user.

3. Drupal

Drupal memiliki keunggulan yang hampir sama dengan Joomla. Platform ini menawarkan sistem yang sangat fleksibel untuk mengelola custom post type. Drupal juga memberikan kendali tingkat lanjut bagi anda terhadap user dan permission, bahkan drupal mampu menangani situs multibahasa.

4. Typo3

Typo3 adalah CMS dengan skalabilitas sebagai poin utamanya. Sehingga platform ini ditujukan untuk website pada level enterprise. Jika anda ingin membuat intranet dengan memanfaatkan CMS, maka Typo3 adalah sistem manajemen konten yang paling tepat. Typo3 ini lebih cocok bagi user yang sudah memiliki keahlian dan kemampuan di bidang pengembangan web.

5. Serendipty

Berbeda dari Typo3, Serendipty justru termasuk ke dalam CMS yang mudah digunakan untuk membuat website sederhana, seperti blog. Terkait dengan fungsionalitas, anda dapat memodifikasi platform dengan menggunakan tema dan plugin. Selain itu, anda dipersilakan mencari plugin yang spesifik untuk front atau back-end, yang mana pencarian tool semakin lebih mudah.

Dari beberapa rekomendasi diatas, CMS yang sering digunakan untuk membuat website profil perusahaan adalah CMS dari Joomla dan WordPress. Karena memberikan pelayanan yang memupuni dan juga user friendly. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan website yang dapat diandalkan dan terpercaya, maka nemolab adalah pilihan yang tepat. Selain jasa pembuatan website, nemolab juga memberikan jasa software development, domain dan hosting, mobile apps development serta pelatihan IT.

Sumber 1

Sumber 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website