Juguran Komunitas #3 : Bahasa Banyumasan Tetap Eksis di Tangan Milenial

Juguran Komunitas #3 : Bahasa Banyumasan Tetap Eksis di Tangan Milenial

Konten video kini memang semakin diminati dibandingkan konten tulisan. Youtube sebagai platform yang menyediakan berbagai video di dalamnya kini menjadi salah satu platform paling populer di dunia. Banyak orang kini lebih memilih melihat video tutorial, review produk dan video hiburan dibandingkan menonton televisi. begitu juga dengan masyarakat di Indonesia. Platform yang kini hampir tembus 2 milyar pengguna ini sedang menjadi “idaman” bagi kebanyakan orang.

Berangkat dari fenomena tersebut, Juguran Komunitas #3 digelar dengan menggaet Koplak Story, salah satu content creator youtube yang berasal dari Purwokerto. Kiprah mereka memang sudah tidak perlu diragukan lagi di dunia youtube berkat konten bahasa banyumasan di setiap videonya. Silo dan Bontot berperan sebagai pembicara dalam obrolan yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini. Peserta disuguhi obrolan ringan menginspirasi yang berfokus membahas seputar youtube dan content creator.

Dari Mengisi Waktu Luang Berubah Menjadi Peluang

Diskusi dibuka dengan bercerita seputar perjalanan terbentuknya Koplak Story. Koplak Story terbentuk pada tahun 2015 yang bermula dari keisengan lima pemuda membuat sketsa pendek dialek banyumasan di youtube untuk mengisi kegiatan setelah lulus kuliah. Ternyata video tersebut mendapat respon positif dari penonton. Mulailah mereka memutuskan untuk serius “menggarap” channel youtubenya dengan menyajikan berbagai macam konten seperti film pendek dan komedi yang tentu dengan dialek banyumasan yang kental. Semakin kesini channel youtubenya mulai berkembang dan menjadi peluang untuk semakin dikenal.

“Meskipun bahasa banyumasan terdengar sedikit kasar tapi ternyata banyak disukai. Alasannya karena bahasa banyumasan itu unik jadi mudah dikenali sama orang orang diluar Banyumas ” ucap Bontot. Itulah yang menjadi alasan dan motivasi mereka untuk terus menyuguhkan ide – ide kreatif dan inovatif guna menghibur penonton lewat konten youtube yang kini sudah mencapai 98.000 lebih subscriber.

Tembus 12 Besar Channel Youtube NextUp 2017

Tidak hanya itu, mereka juga membahas seputar suka dan duka sebagai content creator. Banyak perjuangan yang dilewati dibalik video yang mereka unggah di youtube. Tapi yang namanya usaha memang tidak pernah menghianati hasil. Semua video yang sudah dibuat mengantarkan mereka menjadi salah satu channel terbaik dari 12 channel Youtube NextUp 2017 yang bersaing dengan 100 channel youtube di seluruh Indonesia. Keren!

Jangan Hanya Berfokus Pada Hasil

Sesi obrolan kemudian berlanjut membahas tentang bagaimana kiat – kiat menjadi content creator. Menurut Silo, mulailah dengan membuat karya yang kamu suka. Jangan dulu terlalu fokus pada hasil akhir, nikmati prosesnya. Silo dan Bontot juga berpesan agar lakukanlah hal apapun yang membuat kamu senang. Carilah inspirasi dari mana saja. Boleh mengikuti trend, tetapi yang paling penting kamu harus memiliki satu ciri khas agar mudah dikenali. Dan pastinya berbeda dari yang lain.

Terimakasih untuk Nemolab, Omah WK, Biznet dan Info Purwokerto atas support yang diberikan. Buat kamu yang mau melihat channel youtube Koplak Story silahkan klik disini. Jangan lupa untuk follow instagram kami juguran komunitas untuk update informasi Juguran Komunitas #4. See yaa!

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart