Ingin Mendapatkan Uang dari Blog? Begini Caranya!

Di era yang serba canggih seperti saat ini untuk mendapatkan uang bukanlah suatu hal yang sulit, yang dibutuhkan hanyalah ide kreatif dan kepekaan terhadap perkembangan teknologi. Blog menjadi salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan ide kreatif tersebut.

Banyak yang mengira para blogger menulis informasi di internet karena kebanyakan waktu luang atau hanya karena hobi menulis. Mereka juga berpikir, “Buat apa para blogger menulis informasi yang lengkap di internet tapi bisa diakses secara gratis”. Saat mencari informasi lewat google, sebagian besar jawabannya berasal dari website yang berbentuk blog. Dari situ kita bisa meyimpulkan bahwa blog merupakan sumber pengetahuan online terbaik. Tapi para blogger menulis artikel di internet bukan karena mereka nganggur atau kurang kerjaan, tapi karena mereka tahu bahwa blog dapat menghasilkan uang. Bahkan untuk blogger yang sukses mereka dapat menghasilkan 10 juta per bulan. Hebat bukan?

Berikut ini akan dibahas bagaimana cara membuat blog dan cara menghasilkan uang dari blog. Yuk simak penjelasannya.

  1. Membuat Blog

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat blog. Untuk membuat blog ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  1. Menentukan Platform Blog

Banyak sekali platform yang digunakan untuk membuat blog, seperti WordPress, Blogspot, Medium, Joomla, dll. Dari banyaknya platform tersebut, WordPress bisa dibilang lebih fleksibel karena terdapat berbagai fitur dan opsi yang ditawarkan.

  • Membeli Domain Hosting

Membeli Domain Hosting menjadi langkah awal untuk membangun sebuah blog. Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server computer. Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan file atau segala macam kebutuhan website agar dapat diakses melalui internet.

Jika Anda belum memiliki Domain dan Hosting, kami menyarankan untuk membelinya di Nemolab. Nemolab memiliki layanan Domain Hosting dengan harga yang terjangkau dan mampu bersaing dengan layanan Domain Hosting yang lain.

  • Install WordPress

Setelah memiliki Domain Hosting, langkah selanjutnya adalah membuat blog dengan menginstall WordPress.

  • Membuat Konten

Buatlah konten semenarik mungkin, jadikan konten yang Anda buat menjadi konten yang unik dan bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, konsisten dalam membuat konten juga penting agar blog Anda menjadi rujukan orang lain karena mempunyai kualitas yang baik.

Untuk menunjukkan bahwa blog Anda aktif, Anda bisa memposting 2- 3 artikel setiap minggunya.

  • Memilih Cara Monetasi

Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk menghasilkan uang dari Blog:

  1. Google AdSense

Google AdSense adalah layanan periklanan online. Ketika Anda mendaftar sebagai publisher Google AdSense dan telah disetujui oleh Google, maka website Anda akan menampilkan iklan yang menjadi sumber penghasilan Anda.

  • Affiliate Marketing

Affiliate Marketing juga salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Affiliate Marketing adalah penjualan berbasis komisi. Ketika Anda berhasil menjual suatu produk, barang, atau jasa, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Program Affiliate Marketing yang Anda ikuti harus sesuai dengan niche blog Anda agar mendapatkan penghasilan yang lebih besar.

  • Content Placement

Content Placement adalah teknik mempromosikan suatu produk atau bisnis melalu website atau blog. Dengan melalukan promosi lewat website atau blog yang terkenal, maka produk akan mudah dikenal banyak orang. Untuk harga Content Placement tergantung kualitas dari website atau blog Anda.

  • Berjualan Produk

Jika blog Anda mempunyai banyak pengunjung, cobalah untuk menjual suatu produk. Apalagi kalau Anda mempunyai pengunjung yang loyal, tentu saja mudah untuk menjual produk-produk kepada mereka. Gunakan teknik soft selling agar pengunjung tidak merasa sedang ditawari produk secara langsung.

  • Menggunakan Teknik SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah tindakan untuk mempermudah website atau blog mendapatkan ranking tertinggi pada hasil perncarian. SEO membantu blog Anda mendapatkan banyak pengunjung yang mana itu menjadi sumber penghasilan Anda.

Demikianlah penjelasan tentang cara menghasilkan uang dari blog. Sekarang saatnya Anda untuk mempraktekkan langkah-langkah yang sudah dijelaskan diatas dan silahkan mencoba peruntungan Anda melalui blog. Selamat ngeblog!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website