HTTP & HTTPS. Apa Sih Bedanya?

Saat melihat kolom address bar browser, kamu pasti sering melihat awalan berupa HTTP atau HTTPS. Kedua protocol tersebut merupakan protocol lapisan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan transmisi data antara web server ke web browser. Tapi ada perbedaanya gak sih? Atau hanya sebatas beda di tulisan saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian HTTP dan HTTPS

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) merupakan sebuah protocol aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara client dan server. Client yang dimaksud adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima, hingga menampilkan konten web melalui browser. Sedangkan server, yaitu jenis web server dalam bentuk fisik jaringan computer yang memiliki kapasitas penyimpanan data berskala besar.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) merupakan versi HTTP tapi lebih aman, karena menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS). HTTPS memiliki fungsi keamanan yang lebih ketat sehingga membuat client merasa aman dalam mengakses konten web.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Berikut ini perbedaan dari HTTP dan HTTPS:

  1. Keamanan Data

Untuk keamanan data, HTTP kurang menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dan server. Sedangkan HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. HTTPS memang dirancang untuk mencegah peretas yang mencoba untuk mengakses informasi penting.

  • SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan teknologi keamanan yang dapat digunakan untuk mengamankan data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kamu mengirimkan informasi penting seperti password, nomor ATM, dll.

Jika kamu menggunakan protocol HTTP, maka tidak memerlukan sertifikat SSL. Tapi jika menggunakan protocol HTTPS, maka dibutuhkan sertifikat SSL.

  • Penggunaan Port

Perbedaan selanjutnya terletak pada penggunaan port. Port yang digunakan HTTP dan HTTPS mempunyai perbedaan. HTTP menggunakan port 80 yang berfungsi sebagai konektivitas web server secara umum dengan client. Sedangkan untuk bisa mengakses HTTPS melalui SSL dibutuhkan port 443 sebagai jaringan konektivitasnya.

  • Bagi Pengguna

Berbicara masalah keuntungan, prokol HTTPS jelas lebih unggul. Data pengunjung pada website dengan protocol HTTPS akan lebih aman dibandingkan website protocol HTTP. Komunikasi browser ke server atau server ke server akan dienkripsi sehingga data lebih aman. Hal tersebut juga akan memberikan kenyamanan bagi penjelajah browser sehingga mereka tidak perlu khawatir dalam memberikan informasi rahasia.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang perbedaan protocol HTTP dan HTTPS. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website