Hari Gerakan Satu Juta Pohon : Mengenal Lebih Dekat WALHI

Hari Gerakan Satu Juta Pohon : Mengenal Lebih Dekat WALHI

Anda pasti sudah tidak asing dengan seruan “Hari Gerakan Sejuta Pohon” ? Gerakan ini menjadi salah satu gerakan penting yang diperingati setiap tanggal 10 Januari. Masyarakat, pemerintah, swasta serta organisasi juga turut serta dalam momen penting ini. Namun apakah Anda sudah mengerti atau bahkan pernah mendengar tentang WALHI ? Jika belum, mari kita simak informasi berikut yang dikutip dari berbagai sumber.

Di balik seruan gerakan menanam sejuta pohon terdapat peran dari salah satu organisasi non profit di bidang lingkungan hidup terbesar di Indonesia, WALHI. Sayangnya masih belum banyak yang tahu perihal organisasi ini. Organisasi ini sudah berdiri sejak 15 Oktober 1980. Merekalah sekumpulan orang yang tetap gigih dan semangat menyuarakan pelestarian lingkungan dikala masyarakat kita lengah untuk merawat, bahkan malah merusaknya.

Lalu apa peran mereka dalam pelestarian lingkungan hidup di Indonesia? Dilansir dari website resmi WALHI.or.id, mereka secara rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Tidak hanya berdialog,diskusi panel juga dilakukan dengan beberapa universitas di Indonesia.

Selain itu, kampanye mengenai perubahan iklim, hutan dan pesisir, kedaulatan pangan dan energi juga menjadi fokus mereka mengingat bencana ekologis di Indonesia yang semakin hari semakin memprihatinkan. Glitzmedia.co menuliskan, di tahun 2019 ini WALHI merencanakan program bernama “Rakyat Menghijaukan Indonesia”. Program yang serupa dengan menanam seribu pohon ini rencananya akan dilakukan di Jakarta.

Organisasi yang sudah memiliki anggota 156 individu dan 479 organisasi ini juga tidak segan untuk mengkritisi langkah pemerintah apabila dirasa menyimpang. Hingga saat ini terdapat satu program sosialisasi yang masih belum disahkan oleh pemerintah. Sejak tahun 2011 moratorium yang direncanakan masih terhambat oleh Keppres. Besar harapan mereka untuk masuk perundang - undangan guna melawan kriminalisasi kerusakan alam.

Terakhir, dikutip dari glitzmedia.co, terdapat pesan dari WALHI untuk masyarakat dalam melestarikan lingkungan. Mari kita mulai dari hal kecil terlebih dahulu. Seperti membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari air dan sungai. Selain itu, jika menanam jangan lupa untuk dirawat. Jangan setelah menanam kemudian ditinggal. Karena dengan merawat alam sama saja dengan memperpanjang usia kita.

Selamat Hari Gerakan Sejuta Pohon, kawan!

Sedikit Cerita lainnya