Grup WhatsApp Kamu Makan Banyak Memori? Begini Cara Cek & Tipsnya

Grup WhatsApp Kamu Makan Banyak Memori? Begini Cara Cek & Tipsnya

Tahun 2019, WhatsApp menjadi media komunikasi yang paling banyak digunakan semua kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua. Sebagian besar penggunanya pasti memiliki lebih dari satu grup whatsApp, baik itu grup keluarga maupun grup teman lama. Tapi apa kamu tahu? semakin banyak grup yang kamu ikuti, semakin banyak pula memori smartphone-mu yang terpakai. Sebab dalam grup whatsApp biasa terdapat beragam kiriman file, baik itu foto, video, rekaman suara, GIF, ataupun dokumen. Nah karena ukuran file yang lebih besar dari teks biasa, maka otomatis file kiriman dari grup whatsApp itulah yang memakan banyak memori smartphone kamu.

Dikutip dari kompas.com, ternyata bukan hanya grup whatsApp saja, personal chat juga berpotensi memenuhi memori smartphone-mu. Nahloh, disini siapa yang masih suka menyimpan pesan dari pacar atau gebetan berbulan – bulan, bahkan bertahun – tahun? Pas banget nih, Nemo punya informasi bagaimana cara cek grup whatsApp atau personal chat yang membuat memori smartphone mu semakin berkurang dan tips mengatasi grup whatsApp agar tidak memakan banyak memori.

Cara Melihat Jumlah Memori Grup atau Personal Chat WhatsApp

Langkah pertama, masuk ke menu setting di whatsApp. Kemudian pilih menu “data and storage usage” yang ada di barisan nomor empat dari atas. Pilih “storage usage” maka muncul tampilan di layar daftar grup dan personal chat whatsApp kamu. Nah disitu kamu bisa melihat grup atau personal chat lengkap dengan ukuran file paling besar hingga paling kecil.

Kamu juga bisa melihat jenis file mana yang paling besar dalam setiap chat. Untuk menghapus file yang diinginkan, bisa dengan memilih ” free up space” disebelah kanan bawah. Kemudian klik “delete items”. Maka file yang kamu ingin hapus secara otomatis akan terhapus.

Cara Mengatasinya?

Sebenarnya whatsApp sudah menyediakan pengaturan agar penggunanya bisa memilah pesan file mana yang perlu dan yang tidak perlu untuk diunduh. Bagi yang belum tahu, begini caranya : Pilih menu “settings” kemudian “storage and storage usage”. Lalu pada menu “media auto-dwonload” pilih “when using mobile data” dan batalkan centang biru di semua kotak jenis file multimedia. Mudah, kan?

Itu informasi dan tips dari Nemo seputar Grup whatsApp. Jadi mulai sekarang kamu nggak perlu bingung lagi kalau tiba – tiba memori smartphone kamu penuh ya. Baca juga tips dan info dari Nemo seputar teknologi lainnya : Rekomendasi Aplikasi Office Untuk Android

PT Nemolab Nusa Infomedia

Jl. Raya Baturaden, Pabuwaran, Pabuaran, Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124

Telp/WA : 0811 2607 090

Pembayaran

© PT Nemolab Nusa Infomedia 2019. Developed by nemolab.id

×
×

Cart