Green Literacy Camp 2019 : Rangkaian Festival Literasi Desa yang Menginspirasi

Green Literacy Camp 2019 : Rangkaian Festival Literasi Desa yang Menginspirasi

Rangkaian acara puncak Green Literacy Camp 2019 pada tanggal 4-7 Juli 2019 telah berlangsung. Setelah Bulan Februari lalu Nemolab berpartisipasi dalam Pre Event GLC 2019, kini Nemolab kembali menjadi partisipan diacara puncak tersebut. Mengangkat tema Menulis di Atas Air, acara yang diadakan selama empat hari ini berlangsung di Desa Ponggok, Klaten. Ada sekitar lima belas lebih narasumber dengan keahlian beragam dihadirkan untuk saling bekerja sama mensukseskan acara yang dikemas dengan semangat mempromosikan kehidupan berkelanjutan dan wisata ramah lingkungan ini.

Nemolab sebagai bagian dari partisipan GLC 2019 berkesempatan untuk mengisi dalam beberapa kelas. Pada hari Rabu (3/7/2019) satu hari sebelum acara dimulai, tim Nemo berkesempatan mengisi training content writer untuk update konten di website GLC. Para volunteer dan tim Nemo saling berdiskusi seputar bagaimana menulis artikel di website, mengupload gambar dan masih banyak lagi.

Hari pertama acara (4/7/2019) berlangsung dengan upacara pembukaan GLC 2019 yang berlokasi di Umbul Besuki Desa Ponggok, Klaten. Malam harinya dilanjut dengan Angkringan Dialog sesi perdana. Menghadirkan Junaedhi Mulyono, Taj Yasin, Kang Maman dan Nadine Chandrawinata sebagai pembicara dengan tema inisiasi literasi desa untuk ibu bumi.

Baca Juga : Pre Event Green Literacy Camp 2019

Kelas Literasi Digital dan FGD "Startup Desa"

Esoknya, Prianton Subardio selaku CEO PT. Nemolab Nusa Infomedia mengisi kelas Literasi Digital "Membangun Brand Lokal" di Sasana Rinenggo. Mas Anton, sapaan akrabnya menyampaikan akan pentingnya membangun brand sebuah produk dan berbagi cerita tentang pembuatan website desa : desa.id . Selama kurang lebih dua jam, masyarakat dan volunteer aktif berkomunikasi pada sesi tanya jawab, seperti tentang cara membangun merk, apa saja tahap - tahap untuk membangun sebuah brand, dan masih banyak lagi. Kemudian berlanjut pada kelas sosial media pemula bersama Prianton Subardio dan Irfan Bahtiar, Founder @infopurwokerto di Gazebo Umbulsari. Sesi ini juga berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan suasana yang santai dan seru ditambah dengan pembawaan Mas Ibe, sapaan Irfan Bahtiar yang memang lucu.

Kelas Literasi Digital "Membangun Brand Lokal" dan Kelas " Sosial Media Pemula"

Pada hari ketiga, Pri Anton Subardio, Joko Winarno dan Lilik Tri Jatmiko kembali mengisi FGD "Startup Desa" di Gazebo Kliringan. Dalam sesi diskusinya, pesan yang disampaikan yaitu kita harus bisa break the limit. Peka dan mau mengamati lingkungan sekitar menjadi kunci untuk melihat potensi yang ada, termasuk di suatu desa.

Kelas FGD "Startup Desa" bersama Pri Anton Subardio, Joko Winarno, Lilik Trijatmiko

Rangkaian acara ditutup dengan sesi makan bersama sebagai tanda acara telah usai dan berjalan dengan lancar. Terimakasih untuk Green Literacy Camp yang sudah mengajak Nemolab untuk ikut menjadi partisipan dalam rangkaian acara festival literasi desa yang keren ini. Semoga bisa menginspirasi desa lainnya untuk mengadakan acara yang serupa. Salam literasi dan inovasi!

Untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi website Green Literacy Camp 2019 : http://greenliteracycamp.web.id/ serta sosial media instagram GLC 2019 : @greenliteracycamp dan facebook : @GLC19.

Sedikit Cerita lainnya