Financial Technology Dorong UMKM Berkembang

Berkembangnya teknologi yang tidak terbatas semakin diperlengkap dengan hadirnya Fintech (Financial Technology). Lalu sebenarnya apakah fintech? Fintech merupakan sebuah layanan keuangan dengan menggunakan basis teknologi yang tentunya akan semakin memudahkan transaksi yang kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Adapun manfaat dari penggunaan fintech, yakni mempermudah layanan finansial, membantu UMKM mendapatkan modal, dan meningkatkan pertumbuhan inklusi keuangan. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai hubungan fintech dengan UMKM, simak terlebih dahulu jenis-jenis fintech yang ada di Indonesia.

Peer-to-Peer Lending (P2P Lending) atau Crowdfunding

Peer-to-Peer Lending merupakan jenis fintech yang memberikan kepada penggunanya dan dapat dibayarkan secara langsung ataupun melalui cicilan.

Market Aggregator

Tujuan utama dari market aggregator adalah membantu pelanggan dalam menentukan fintech yang tepat. Di dalam portal tersebut akan disajikan berbagai macam fintech beserta keunggulannya.

Manajemen Risiko dan Investasi

Dikenal dengan perencanaan keuangan digital  dengan metode perencanaan keuangan dan perencanaan investasi secara digital yang membantu dalam mengatur pengeluaran dan investasi yang dilakukan. Serta memproyeksikan berapa banyak keuntungan yang bisa didapat.

Payment, Clearing, dan Settlement

Teknologi ini identik dengan transaksi cashless. Jenis Fintech ini akan memudahkan pengguna melakukan pembayaran dan melakukan pengiriman uang tanpa melewati bank konvensional contohnya e-wallet dan payment gateway.

            Dengan adanya fintech diharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkannya sebagai akses pembiayaan. Kehadiran fintech telah menjadikan layanan keuangan menjadi lebih murah, cepat, dan mudah. Tiga elemen ini, terkadang sulit diperoleh ketika pelaku UMKM mendatangi bank. Di sinilah peran fintech bisa menjadi solusi bagi pengembangan pelaku UMKM di masa mendatang. Berikut layanan fintech bagi UMKM:

Pinjaman Modal

Proses pengajuan layanan pinjaman modal fintech dinilai lebih sederhana dibandingkan lembaga keuangan konvensional. Pinjaman yang diajukan dapat cair dalam waktu relatif singkat yakni kurang dari seminggu.

Layanan Pembayaran Digital

Dengan proses pembayaran yang mudah dan aman, tentunya akan mampu menarik lebih banyak konsumen sehingga memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis.

            Fintench memiliki peran penting dalam kinerja UMKM yaitu berupa peningkatan efisiensi baik dari operasional ataupun efisiensi yang dinikmati oleh anggotanya serta dapat juga digunakan sebagai market place dalam jenis UMKM produksi ataupun UMKM jual beli. Pemanfaatan Fintech dalam UMKM memiliki peluang dan tantangan tersendiri, peluang dari penerapan Fintech dalam UMKM yaitu berupa perluasan pasar bagi masyarakat yang belum paham penggunaan bank. Di sisi tantangan, penerapan fintech bagi pelaku UMKM masih asing sehingga kepercayaan masyarakat terhadap fintech masih rendah. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya fintech serta dengan memanfaatkan peluang dan menganalisis tantangan pemanfaatan fintech dalam UMKM maka para pelaku UMKM dapat mengembangkan bisnisnya tanpa perlu takut terkendala akses biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website