Figma, sahabat UI Designer

Minggu lalu, pada tanggal 29 november 2020 nemolab melaksanakan acara pelatihan IT virtual yang bernama Nemolab Creative Hub Online. Yang mana pada acara ini turut mengajarkan cara membuat interface menggunakan Figma. Figma adalah editor grafis vektor dan alat prototyping dengan berbasis web serta fitur offline tambahan yang diaktifkan oleh aplikasi desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan untuk melihat prototype Figma pada perangkat seluler. Rangkaian fitur Figma berfokus pada penggunaan dalam antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna dengan penekanan pada kolaborasi real time.

Figma dibuat untuk dapat membantu para penggunanya agar bisa berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam bentuk tim sekaligus di mana saja. Meskipun alat ini sangat mirip dengan opsi prototyping lainnya seperti Sketch, Adobe XD dan lainnya, yang menjadi pembeda utamanya adalah kemampuan untuk bekerja dalam bentuk tim proyek. Sampai saat ini meski mempunyai pesaing yang juga tidak kalah terkenalnya, Figma masih merupakan opsi paling cocok yang tersedia jika Anda bekerja dalam tim.

Selain itu, berikut ini beberapa fitur unggulan lain dari Figma yang dilansir dari situs resminya :

1. Kemudahan dalam membuat desain

Fitur desain dari Figma memiliki banyak kelebihan karena dibuat sangat modern. Pengguna akan menemukan modern pen tool yang bisa digunakan untuk menggambar ke segala arah dengan Vector Networks. Selain itu, kemudahan saat mengatur tata letak juga menjadi fitur unggulan dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan plugin yang ingin digunakan misalnya untuk mengatur stok foto hingga ikon.

2. Membuat prototype

Meskipun kini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat desain produk, tapi Figma masih menjadi salah satu yang paling populer. Figma memungkinkan desainer untuk merancang desain, membuat prototype, membagikannya, hingga menerima feedback secara mudah. Jadi, tidak perlu berganti-ganti tools dalam merancang suatu desain. Hasil edit pada desain akan langsung muncul dalam prototype yang dibuat. Kemudian, hasilnya pun bisa langsung dibagikan kepada anggota tim lainnya.

3. Design systems

Fitur unggulan selanjutnya dari Figma adalah kemudahan dalam mengatur design systems-nya. Jadi, pengguna akan lebih mudah dalam mencari dan mengakses seluruh aset yang telah dimiliki. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna mengelola siapa saja yang bisa melihat, mengedit, dan berkontribusi ke library penyimpanan aset. Menariknya, setiap pembaruan yang dilakukan oleh anggota tim juga akan dipublikasikan sehingga lebih mudah untuk melacaknya.

Kalau kamu ingin belajar mengenai Figma atau sedang membutuhkan tutorialnya, kamu dapat mengunjungi akun youtube Nemolab yang tertera pada link dibawah ini, untuk menonton tutorial yang diberikan saat webinar.

Youtube Nemolab

Sumber 1

Sumber 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website