Dorong Pertumbuhan Bisnis Melalui Peran Cloud Computing

Cloud Computing merupakan gaya komputasi baru di mana sumber daya yang terukur secara dinamis dan sering kali menggunakan konsep virtualisasi yang disediakan oleh providerdengan memanfaatkan media internet. Cloud Computingberarti menyimpan dan mengakses data dan program melalui internet dari lokasi berbeda atau menggunakan komputer dari hard drive komputer kita. 


Beberapa model layanan Cloud Computing bagi bisnis

a. Platform as a service (PaaS)
 
Layanan berbasis cloud dengan cara menyewa perangkat keras (hardware), sistem operasi, storage, dan kapasitas jaringan via internet. PaaS berupa framework yang digunakan oleh pengembang (developer) untuk berfokus membangun atau membuat perangkat lunak. Dengan menggunakan PaaS, pengguna bisa memperoleh sumber daya untuk membuat perangkat lunak tanpa harus membeli hardware yang diperlukan.

b. Infrastructure as a Service (IaaS)
Sebuah layanan infrastruktur komputasi awan yang berupa, satu paket perangkat hardware komputer virtual, bersama dengan jaringan internet, bandwidth, dan dukungan alamat IP.


c. Data storage as a Service (DaaS)
Layanan cloud dengan model penyediaan fasilitas sistem penyimpanan data secara remote lalu pengguna hanya perlu membayar biaya sesuai dengan besarnya resource yang digunakan. 

d. Software as a Service (SaaS)
Layanan yang mengacu pada perangkat lunak (software) berbasis cloud via online melalui internet dan bisa dibeli secara berlangganan. Model ini adalah salah satu layanan cloud yang paling sering digunakan oleh beberapa perusahaan untuk membangun dan mengembangkan bisnis karena mudah dikelola dan sangat terjangkau.

Peran Cloud Computing dalam dunia bisnis

1. Teknologi ini memungkinkan pelaku usaha untuk menyewa jasa layanan tersebut tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk infrastruktur, pengelolaan, platform, maupun aplikasi layanan IT lainnya. 
2. Model ini dapat mengubah biaya modal menjadi biaya operasional karena sistem pembayaran IT dilakukan melalui sistem berlangganan.
3. Pemeliharaan teknologi dilakukan oleh penyedia jasa sehingga perusahaan bisa fokus pada proses bisnis dan meningkatkan inovasi bisnis.

Kesimpulannya
Cloud computing sendiri mempunyai keuntungan bagi para pelaku dalam dunia bisnis salah satu keuntungan tersebut adalah menyewa jasa layanan tanpa perlu megeluarkan biaya infrastruktur dan pengelolaanya. Lalu jika anda menerapkan beberapa model Cloud computing dalam bisnis seperti Platform as a service (PaaS) memudahkan anda memperoleh sumber daya untuk membuat perangkat lunak tanpa harus membeli hardware yang diperlukan. Jadi sudah kepikiran untuk menggunakan Cloud computing untuk bisnis anda, tunggu apalagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website