CRM, STRATEGI BISNIS HADAPI ERA DIGITAL

Di zaman yang serba digital saat ini, semua aspek kehidupan masyarakat mengalami perubahan yang signifikan, tak terkecuali bidang bisnis. Setiap pelaku bisnis berlomba-lomba menyusun strategi berbasis teknologi sehingga nantinya dapat memudahkan mobilitas pembeli. Akhir-akhir ini muncul sebuah strategi yang digadang-gadang mampu meningkatkan penjualan dan efesiensi operasional. Strategi tersebut bernama CRM (Customer Relationship Management). Lalu sebenarnya apakah CRM itu? Apa manfaatnya bagi pelaku bisnis? Dan elemen apa yang diperlukan untuk menjalankan strategi ini? Berikut penjelasan singkatnya.

Menurut Buttle (2007) Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi inti dalam bisnis yang mengintegrasikan proses-proses dan fungsifungsi internal dengan semua jaringan eksternal untuk menciptakan serta mewujudkan nilai bagi para konsumen sasaran secara profitable. Strategi ini menitikberatkan pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sehingga strategi ini memiliki manfaat sebagai berikut.

Mendorong loyalitas pelanggan

Aplikasi CRM memungkinkan pelaku bisnis untuk memanfaatkan informasi kontak pelanggan, baik melalui web, call center, atau melalui staf pelayanan di lapangan. Dengan adanya kemudahan dalam mengakses dan menerima informasi, maka pemillik bisnis tentunya dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan.

Mengurangi biaya

Dengan penerapan CRM, biaya yang dikeluarkan akan menjadi tergunakan secara maksimal karena memungkinkan pelayanan terhadap pelanggan menjadi terfokus dan spesifik, serta dengan menargetkan pelayanan pada pelanggan yang tepat pada saat yang tepat.

Meningkatkan efisiensi operasional

Dengan kemudahan proses penjualan dan layanan sehingga akan mengurangi resiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban cash flow.

Peningkatan time to market

Penerapan CRM akan memungkinkan pelaku bisnis mendapatkan informasi mengenai pelanggan seperti data tren pembelian oleh pelanggan yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis dalam menentukan waktu yang tepat dalam memasarkan suatu produk.

Peningkatan pendapatan

Seperti yang telah disebutkan diatas, penerapan CRM yang tepat akan meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi operasional sehingga dana yang dikeluarkan pun menjadi lebih efektif sehingga pendapatan dapat meningkat.

            Setelah melihat manfaat dari strategi CRM, tentunya Anda sebagai pelaku bisnis mulai tertarik untuk menggunakan strategi ini di bisnis Anda. Namun, sebelum Anda memulai, jangan lupakan unsur-unsur penting dalam CRM, seperti aturan-aturan bisnis, data warehousing, situs (web) dan pelaporan (reporting) sebagai pondasi awal. Mengapa strategi CRM memerlukan web sebagai pondasinya? Karena CRM harus memiliki kemampuan swalayan. Hanya aplikasi berbasis situs (web based) yang bisa mendukung ini sehingga nantinya pelanggan bisa melakukan transaksi sendiri, tahu berapa yang harus dibayar, dan sebagainya. Tak perlu khawatir bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana membuat situs web untuk berbisnis karena Nemolab hadir dengan layanan pembuatan website, pembuatan aplikasi mobile serta aplikasi website. Silahkan kunjungi situs www.nemolab.id untuk keterangan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan Kami

Pembuatan Aplikasi Mobile

Pembuatan Aplikasi Web

Pembuatan Website